Hubungan Kelentukan, Kekuatan Otot Lengan dan Kekuatan Otot Tungkai Dengan Hasil Belajar Kayang
Sari
This study aims to determine the relationship of flexibility, arm muscle strength, and leg muscle strength with learning outcomes in class X SMA N 8 Bandar Lampung in 2014/2015 academic year. The method used in this study is descriptive correlational. The sampling technique was purposive random sampling. The results of the study showed that there was a significant relationship to the learning outcomes (r count = 0.869> r table = 0.297). There is a significant relationship between arm strength and learning outcomes (r count = 0.647> r table = 0.297). There is a significant relationship between leg strength and learning outcomes (r count = 0.643> r table = 0.297). The conclusion of the study is the flexibility has the highest correlation value compared to arm strength and leg strength to the learning outcomes of students in class X SMA N 8 Bandar Lampung in 2014/2015 academic year.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelentukan, kekuatan otot lengan, dan kekuatan otot tungkai dengan hasil belajar kayang pada siswa kelas X SMA N 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan kelentukan terhadap hasil belajar kayang (rhitung = 0,869>r tabel = 0,297). Ada hubungan yang signifikan kekuatan lengan terhadap hasil belajar kayang (rhitung = 0,647>r tabel = 0,297). Ada hubungan yang signifikan kekuatan tungkai terhadap hasil belajar kayang (rhitung = 0,643>r tabel = 0,297). Kesimpulan dari penelitian adalah kelentukan memiliki nilai korelasi yang paling tinggi dibandingkan dengan kekuatan lengan dan kekuatan tungkai terhadap hasil belajar kayang pada siswa kelas X SMA N 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: kayang, kelentukan, kekuatan
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta : Yogyakarta (2006). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta : Yogyakarta.
Mahendra, Agus. 2001. Pembelajaran Senam. Penerbit Direktorat Jenderal Olahraga Depdiknas: Jakarta
Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Untuk Kelas 1 SMP. Yudhistira: Bandung
Mukholis, Agus. 2004. Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek. Erlangga: Jakarta.
Nurhasan. (1986). Tes dan Pengukuran. Karunika Universitas Terbuka: Jakarta. Pemula, Alfabeta : Bandung.
Ridwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Penelitian
Roji. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Erlangga : JakartaSMP/MTS Kelas VIII. CV. Arya Duta: Jakarta
Roji. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Erlangga : Jakarta SMP/MTS Kelas VIII. CV. Arya Duta: Jakarta
Sodikin, Chandra. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk
Sujana, Nana. 1991. Teori-Teori Belajar untuk Pengajaran. Lembaga penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia: Jakarta.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##