EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT BANTU TALI DAN BASKOM SEBAGAI PENGEMBANGAN SERVIS

Triwulan Sekarini, Herman Tarigan, Akor Sitepu

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat bantu tali dan baskom terhadap peningkatan ketepatan servis bulutangkis pada siswa kelas IV di SDN 2 Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2011/2012.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Dengan populasi sebanyak 60 siswa, terdiri dari 2 kelas : IV-A berjumlah 31 siswa dan IV-B berjumlah 29 siswa, karena populasi kurang dari 100 maka penelitian ini adalah penelitian sampel populasi. Instrumen yang digunakan The French Badminton Test dengan validitas 0,85 dan tingkat reliabilitas 0,77. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan: pertama, ada pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan menggunakan alat bantu tali dan baskom sebagai model pengembangan ketepatan servis pada siswa. Kedua, tidak ada latihan yang diberikan pada kelompok kontrol maka tidak ada pengaruh atau peningkatan yang signifikan juga pada pengembangan ketepatan servis. Ketiga, pada tes awal tidak ada perbedaan ketepatan servis yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Keempat, pada tes akhir ada perbedaan hasil ketepatan servis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat bantu tali dan baskom terhadap peningkatan ketepatan servis bulutangkis pada siswa kelas IV di SDN 2 Natar Lampung Selatan tahun pelajaran 2011/2012.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdullah, Arma dan Manadji, Agus. 1994. Dasar- Dasar Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Adams, Iain. 1988. Mengajar Untuk Pemahaman. Direktorat Pendidikan Guru dan tenaga Teknis Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1991. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Bompa, Tudor. 1994. Theory and Methodology of Training. Toronto: York University.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum Pendidikan Jasmani. Jakarta.

Dinata, Marta dan Tarigan, Herman. 2004. Bulutangkis. Penerbit Cerdas Jaya. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. .Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Grice, Tony. 1999. Bulutangkis : Petunjuk Praktis Untuk Pemula dan Lanjut. Alih Bahasa Oleh Eri Desmarini Nasution. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis dalam Coaching. Depdikbud Dirjen Dirti PPLPTK. Jakarta.

_______. 2004. Perencanaan Program Latihan: Edisi Kedua. Bandung.

Hidayat, Imam. 1999. Biomekanika. FPOK-IKIP. Bandung.

Kirkendall, Don R, dkk. 1997. Measurement and Evaluation for Physical Educators. Alih bahasa oleh Winarno, dkk. Jakarta.

Lutan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan

Metode. Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK. Jakarta.

Muhajir. 2007. Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. PT Erlangga. Bandung.

Oemar Hamalik. 2008. Proses belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

PBSI. 2005. Pedoman Praktis Bermain Bulutangkis. Jakarta.

Poole, James. 2002. Belajar Bulutangkis. Penerbit Pionir Jaya. Bandung.

Priyono, Dwi. 2005. Modul Pengajaran: Belajar Motorik. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Sopah, Djamah. 2000. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun Ke 5 Edisi Maret 2000.

Subagiyo. 2007. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Universitas Terbuka. Jakarta.

Subardjah, Herman. 2000. Bulutangkis. Depdiknas. Dirjen Pend. Dasar dan Menengah. Jakarta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Penerbit Tarsito. Bandung.

Sugiarto, Icuk. 1993. Total Badminton. Penerbit Setyali Eka Anugerah. Solo.

Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung.

Suharjana. 2004. Kebugaran Jasmani. FIK UNY. Yogyakarta.

Sujana, Nana. 1991. Teori-Teori Belajar untuk Pengajaran. Lembaga penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Suleiman, Amir Hamzah. 1988. Media Audio-Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. PT Gramedia. Jakarta.

Surisman. 2005. Evaluasi Pembelajaran. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

________. 2005. Tes dan Pengukuran. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Sururi, Aan. 2005. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Konsep Diri dan Prestasi Belajar (Kasus : Quasi Eksperimen di Kelas II SMPN. 3 Tanjungraja Lampung Utara Tahun Pelajaran 2004/2005). Program Pasca Sarjana Teknologi Pendidikan FKIP Unila.Tesis.

Tarigan, Herman. 1999. Tesis:Program “Outdoor Education” Sebagai Model Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Kreatif Siswa Di SLTP. Program Pascasarjana IKIP Bandung.

______________. 2008. Modul Pengajaran : Belajar Motorik. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Tim Penyusun Kamus Bahasa Pusat. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penerbit Balai Pustaka. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

__________________________________ Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Universitas Lampung. 2008. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung.

Uno, Hamzah. B. 2007. Model-Model Pembelajaran. BumiAksara. Jakarta. Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo