Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal dan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar
Sari
The purpose of this study is to determine the magnitude of the influence of reciprocal teaching style and inquiry of the learning results to hold the ball in the game of football on the extracurricular football in smp Negeri 2 Padang Cermin. The method used is experimental method using pre-test post-test control group design with population of all students of grade 7 and 8 that follow extracurricular soccer. Initial test between reciprocal teaching style group and inquiry force to the result of holding the ball obtained t value = 0,233 <2,042 = t table. While on the final test to hold the ball obtained t value = 0.984> 2.042 = t table. The results of the data analysts showed that there was no significant difference between the reciprocal teaching style group and the inquiry on the result of holding the ball in SMP Negeri 2.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh gaya mengajar resiprokal dan inkuiri terhadap hasil belajar menahan bola dalam permainan sepakbola pada ekstrakurikuler sepakbola di smp negeri 2 Padang Cermin. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan pre-test post-test control group design dengan populasi seluruh siswa kelas 7 dan 8 yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola. Tes awal antara kelompok gaya mengajar resiprokal dan gaya inkuiri terhadap hasil menahan bola diperoleh nilai t hitung= 0,233 < 2,042 = t tabel. Sedangkan pada tes akhir menahan bola diperoleh nilai t hitung = 0,984> 2,042 = t tabel. Hasil analis data menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok gaya mengajar resiprokal dan inkuiri terhadap hasil menahan bola di SMP Negeri 2.
Kata kunci: hasil belaja, inkuiri, resiprokal.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2008.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahagia,Yoyo. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan.
Iskandar. 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bentari Buana Murni.
Kristiyanto Agus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surakarta: UNS Press.
Muhajir, 1997. Teori dan Praktik Pendidikan Jasmani. Bandung: Yudhistira
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan. Jakarta:
Sinar Grafika.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##