Upaya Meningkatkan Keterampilan Shooting Bola Basket dengan Modifikasi Alat Pembelajaran
Sari
This study aims to find outdescribe the result of basic-movement learning in basketball shooting skill with modification of learning tools.The method which is used in this research is descriptive-qualitative. The subjects of the research are 30 students of XII Pemasaran A class SMKN 1 Kebun Tebu. Technique of collecting data by test of basketball shooting skill and observing from the learning process. This research uses Classroom Action Research approach with the research procedure included 3 cycles of planning, acting, observation, and reflecting. The result of the research shows that implementing of learning modification can improve the result from learning basketball shooting skill for studenets of XII Pemasaran A class SMKN 1 Kebun Tebu. From the result of analysis obtained there is improvement of condition from preliminary observation to cycle I, cycle II, and cycle III is63%.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran keterampilan shooting bola basket melalui modifikasi alat pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pelaksanaanpenelitianiniadalahdeskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Pemasaran A SMKN 1 Kebun Tebu berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes keterampilan shooting bola basket dan observasi dari proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian meliputi planning, acting, observation, dan reflectingsebanyak 3 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan modifikasi alat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XII Pemasaran A SMKN 1 Kebun Tebu. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan kondisi dari observasi awal ke siklus I, suklus II, dan siklus III sebesar 63%.
Kata kunci:bola basket, modifikasi alat pembelajaran, shooting.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahagia,Yoyo. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan.
Iskandar. 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bentari Buana Murni.
Kristiyanto Agus. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surakarta: UNS Press.
Muhajir, 1997. Teori dan Praktik Pendidikan Jasmani. Bandung: Yudhistira
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##