Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD Terhadap Pukulan Forehand Tenis Meja
Sari
The purpose of this research is to know the influence of cooperative learning model of jigsaw type and student achievement division team (STAD) to the ability of forehand table tennis on the students of grade V SD Negeri Sekipi subdistrict abung high in Northern Lampung. The method used is experiment with pre-test research design, ordinal pairing, treatment and post test. The study population and the sample was 40 students. The conclusion of this research is that the learning model of both there is no significant difference, STAD learning model has bigger influence than Jigsaw learning model.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan student team achievment division (STAD) terhadap kemampuan pukulan forehand tenis meja. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian pre test, ordinal pairing, treatment dan post test. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 40 siswa di SD Negeri Sekipi Kecamatan Abung Tinggi Lampung Utara. Teknik pengambilan data menggunakan backboard test. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran keduanya tidak ada perbedaan yang signifikan, dan model pembelajaran STAD memliki pengaruh yang lebih besar dari pada model pembelajaran Jigsaw.
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, pukulan forehand, tenis meja
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Depdiknas. 2004. Permainan Tenis Meja. Jakarta: Depdiknas.
Hodges, Larry. 2002. Tenis Meja Tingkat Pemula. Diterjemahkan oleh Eri D Nasution. 2007. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muhammad, Nasir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sutarmin. 2007. Terampil Berolahraga Tenis Meja. Surakarta: Era Intermedia.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##