PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM KOLOID
Sari
This research used Research & Development (R & D) by Borg and Gall that was aimed to: describe validity, describe the responses of teacher, and determine the validity of items, reliability, and level of difficulty of science process skill (KPS) assessment intrument on colloidal system. This assessment instrument was in the form of essay that measures basic KPS of students. The results of expert validation of content suitability, construct, and legibility aspects were 87.00%, 76.00%, and 85.56% respectivelyin high to very high categories. Teachers responses of the content suitability, construct, and legibility aspects were 92.00%, 88.00%, 90.00% invery high categories. Empirical tests showed that the assessment instrument had moderate item validity, very high reliability, and moderate level of difficulty.
Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) menurut Borg dan Gall yang bertujuan untuk : men-deskiripsikan validitas, mendeskripsikan tanggapan guru, menentukan validitas butir soal, reliabilitas, dan tingkat kesukaran asesmen KPS pada materi sistem koloid. Instrumen asesmen ini berkatagori tes tertulis dalam bentuk essay yang mengukur KPS dasar siswa. Hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruk, dan aspek keterbacaan adalah 87,00%, 76,00%, dan 85,56% berkatagori tinggi sampai sangat tinggi dikatan valid. Tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruk, dan aspek keterbacaan adalah 92,00%, 88,00%, 90,00% berkatagori sangat tinggi. Uji empiris menunjukan asesmen memiliki validitas butir soal sedang, reliabilitas sangat tinggi, dan tingkat kesukaran sedang.
Kata kunci: instrumen asesmen, keterampilan proses sains, sistem koloid
Referensi
Agustin, R.R., W. Siswaningsih., dan G. Dwiyanti. 2013. Pengembangan Tes Keterampilan Proses Siswa SMA Kelas XI Pokok Bahasan Titrasi Asam Basa. Jurnal Pengajaran MIPA. 18 (2): 240-244.
Akinbobola, A.O dan Afolabi, F. 2010. Analysis Of Science Process Skill In West African Senior Secondary School Certicate Physics Practical Examination In Nigeria. American-Eruasian Journal Of Scientific Research. 5(4), 234-240.
Astuti, W. P., A. P. B. Prasetyo., dan E. S. Rahayu. 2012. Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Eksresi. Lembar Ilmu Kependidikan. 41(1), 39-43
Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi revisi. Jakarta. Bumi Aksara
Arikunto, S. 2012. Prosedur penilaian satuan pendekatan pratek. Jakarta. Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi II. Jakarta. Bumi Aksara.
Aziz, M.S & Zain, N.M. 2010. The Inclusion Of Science Process Skill In Yemeni Secondary School Physics Textbooks. European Journal Of Physics Educational. 1: 44-45
Azwar. S. 2010. Tes Presentasi: fungsi dan pengembangan pengukuran presentasi belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Gallagher.J.J. 2007. Teaching science for understanding a practical guide for middle and high school teacher. Ohio. Pearson Merril Prentice Hall
Hayat, B. 2008. Prinsip-Prinsip Dan Stategi Penilaian Di Kelas (2006) Bagian Ke 1 Dalam Buku Asessment Berbasis Kelas. Jakarta. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas.
Harlen, W. 1999. Purposes and Procedures forAssessing Science Process Skills. Assessment in Education, Principles, Policy & Practice. 6 (1) : 127-144
Hirea, N. 2013. The Influence of Hands on Physics Experiments of Scientific Process Skill According To Experiemes. European. Journal Of Phisics Educational. 4(1) : 2013
Irsyad, M. dan Sukaesih, S. 2015. Pengembangan Asesmen Autentik Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Untuk Mening-katkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Unnes Science Educational Journal, 4(2) : 898-904
Jihad, A. dan Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Pressindo.
Karsli, F., Yaman, F., dan Ayas, A. 2009. Prospective Chemistry Teachers Competency of Evaluation of Chemical Experiments in Terrms of Science Process Skill. Proced. Soc. Behav. Sci., 2 (2010) : 778-781.
Kasmadi dan Indraspuri. 2010. Penggaruh Penggunaan Artikel Kimia dari Internet Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 1, 574-581.
Linn, R.L, dan Groundlund, N.E. 1995. Meansurement And Assessment In Teaching. Prientice-Hall Inc. New Jersey.
Langrehr, J. 2006. Mengajar Anak-Anak Kita untuk Berpikir. Batam. Interaksa
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Nastiti, R.D., Fadiawati, N, dan Kadaritna N. 2012. Develop-ment Module Of Reaction Rate Base On Multiple Respresen-tation. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Kimia. 1(2)
PISA. 2015. Program For Internasional Student Assessment. By Country. 2016. (Online). Diakses 12 April 2017
Prasetyo, W. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan PMR Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMPN 2 kepoh baru Bojonegoro. Mathedu nesa Journal. 1(1), 1-8
Prasetyowati, E.N. dan Suyatno. 2016. Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inquiri pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal kimia dan pendidikan kimia (JKPK), 1(1) : 68-69
Sudjana. N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya
Sukmadinata, N.S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Sunyono, 2005. Optimalisasi Pembelajaran Kimia Pada Siswa Kelas XI Semester 1 SMA Swadipa Natar Melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Bahan Yang Ada dilingkungan. Laporan Hasil Penelitian (PTK). Dit. PPTK & KPT Ditjen Dikti. 2005.
Sustra, I W. 2006. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Ktreatif Melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Ika : 4 (2) 23-34
Tim Penyusun. 2013. Permendik-bud Nomor 66 Tahun 2013.: Depdikbud. Jakarta.
TIMSS. 2015. Average Mathematics Score Of Fourth-And Eighth-Grade Students. By Country. 2016. (Online). Diakses 12 April 2017
Triyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta. Ombak (IKAPI).
Walters, T.B., dan Soyibo, K. 2001. An Analysis of High School Students Performance on Five Integrated Science Process Skills.Research in Science & Technological Education, 19(2): 133-145.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##