Hubungan Ekonomi Keluarga dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 7 Penjaskes Universitas Lampung
Sari
The objective of this research was to find out the correlation between family economy and learning achievements of 7th semester students in Physical Education Department in Lampung University in academic year 2016/2017. This was a descriptive qualitative research. Population was 65 students of 7th semester in Physical Education Department in Lampung University in academic year 2016/2017. 53 samples were taken with random sampling technique. Data were collected with questionnaires, documentations, and triangulation. The conclusion of this research was that there was no correlation between family economy and learning achievements of 7th semester students in Physical Education Department in Lampung University in academic year 2016/2017. Some of students belonged to families with incomes below minimum regional salary (GPA) but they had good GPAs, while other students belong to families with good incomes but their GPAs were not above 3.00 (lower GPAs).
Tujuan penelitian ini adalah belum diketahui apakah ada Hubungan Ekonomi Keluarga Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Semester 7 Penjaskes Universitas Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah 65 mahasiswa semester 7 penjaskes Universitas Lampung tahun ajaran 2016/2017. Dengan sample 53 orang menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket/kuisioner, dokumentasi dan triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tidak ada hubungan ekonomi keluarga dengan prestasi belajar mahasiswa semester 7 penjaskes Universitas Lampung tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dikarenakan beberapa mahasiswa yang mempunyai ekonomi keluarga kurang dari (UMP) tetapi memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang sangat baik, sedangkan beberapa mahasiswa lainnya yang mempunyai ekonomi keluarga yang cukup baik tidak memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) diatas 3.00 (rendah).
Kata Kunci : ekonomi, keluarga, prestasi belajar
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Abdulsyani. 1994. Sosiologi: Sistematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara
BPS. 2016. Lampung Dalam Angka. BPS Provinsi Lampung
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Djamarah, Syaiful Bakri. 1994. Prestasi Belajar Kompetensi Guru. Surabaya: PT Usaha Nasional
Hakim, Lukmanul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Harjati. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta
Soekanto, Soerjono. 2001. Sosiologi Keluarga, Tentang ikhwal Keluarga, Remaja, dan Anak, Jakarta: PT Rineka Cipta
Sugyiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan(pendekatan kuantitatif,kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Udin S Winataputra. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: UT
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##