Hubungan Ekonomi Keluarga dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 7 Penjaskes Universitas Lampung

Mita Laksmi Edwina, Suranto Suranto, Wiyono Wiyono

Sari


The objective of this research was to find out the correlation between family economy and learning achievements of 7th semester students in Physical Education Department in Lampung University in academic year 2016/2017. This was a descriptive qualitative research. Population was 65 students of 7th semester in Physical Education Department in Lampung University in academic year 2016/2017. 53 samples were taken with random sampling technique. Data were collected with questionnaires, documentations, and triangulation. The conclusion of this research was that there was no correlation between family economy and learning achievements of 7th semester students in Physical Education Department in Lampung University in academic year 2016/2017. Some of students belonged to families with incomes below minimum regional salary (GPA) but they had good GPAs, while other students belong to families with good incomes but their GPAs were not above 3.00 (lower GPAs).

Tujuan penelitian ini adalah belum diketahui apakah ada Hubungan Ekonomi Keluarga Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Semester 7 Penjaskes Universitas Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah 65 mahasiswa semester 7 penjaskes Universitas Lampung tahun ajaran 2016/2017. Dengan sample 53 orang menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket/kuisioner, dokumentasi dan triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tidak ada hubungan ekonomi keluarga dengan prestasi belajar mahasiswa semester 7 penjaskes Universitas Lampung tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dikarenakan beberapa mahasiswa yang mempunyai ekonomi keluarga kurang dari (UMP) tetapi memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang sangat baik, sedangkan beberapa mahasiswa lainnya yang mempunyai ekonomi keluarga yang cukup baik tidak memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) diatas 3.00 (rendah).

Kata Kunci : ekonomi, keluarga, prestasi belajar


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdulsyani. 1994. Sosiologi: Sistematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara

BPS. 2016. Lampung Dalam Angka. BPS Provinsi Lampung

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Djamarah, Syaiful Bakri. 1994. Prestasi Belajar Kompetensi Guru. Surabaya: PT Usaha Nasional

Hakim, Lukmanul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Harjati. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Soekanto, Soerjono. 2001. Sosiologi Keluarga, Tentang ikhwal Keluarga, Remaja, dan Anak, Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugyiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan(pendekatan kuantitatif,kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Udin S Winataputra. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: UT


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo