Studi Tentang Pelaksanaan Olahraga Pencak Silat di IPSI Kota Bandar Lampung
Sari
This research aims to find the facts about the implementation of martial arts sport in Bandar Lampung IPSI. The method used in this research is qualitative method, informants in the research determined by purposive sampling totaling 12 people, collecting data through interviews, observation and documentation. Data analysis techniques in the study of data reduction, data presentation and conclusion. The results of the research is the organization of IPSI Bandar Lampung present period is already running well over the stewardship of the previous and the implementation of the sport of martial arts in IPSI Bandar Lampung hasnt been done up for the limitations of the hermitage as a place to practice, interest teenagers to martial arts is still low, and martial arts practitioners who havent been able to package the martial arts became a popular sport . For it IPSI Bandar Lampung plans to cooperate with the Department of Education to make martial arts extracurricular school curriculum.
Penelitian ini bertujuan mencari berbagai fakta tentang pelaksanaan olahraga pencak silat di IPSI Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, informan dalam penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 12 orang, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik Analisis data pada penelitian ini reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu, kepengurusan dan organisasi IPSI Kota Bandar Lampung periode sekarang sudah berjalan dengan baik dibanding kepengurusan sebelumnya dan pelaksanaan olahraga pencak silat di IPSI Kota Bandar Lampung belum terlaksana secara maksimal karena keterbatasan padepokan sebagai tempat berlatih, minat remaja terhadap pencak silat masih rendah, praktisi pencak silat yang belum mampu mengemas pencak silat menjadi olahraga yang populer. Uuntuk hal itu IPSI Kota Bandar Lampung berencana bekerja sama dengan Dinas Pendidikan agar menjadikan pencak silat kurikulum ekstrakulikuler di sekolah.
Kata kunci : IPSI, olahraga, pencak silat
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Andi,Mappiare.1982.Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional
Effendi. 1985. Pengantar Psikologi. Bandung: Pn Tarsip
Putro,Eko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Lubis, Johansyah.2014.Pencak Silat Edisi Revisi.Jakarta:Raja Grafindo Persada
Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta
Moleong J,Lexy.2006.Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi.Bandung: Remaja Rosda Karya
Mulyati. 1998. Psikologi Beljar. Yogyakarta: Andi Publiser
Nugroho,Agung.2008. Pembelajaran dan Manajemen Pencak Silat.Yogyakarta: FIK UNY
Pabundu. 2010. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Karyawan.
Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabal. 2004. Evaluasi program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sutarto. 2006. Dasar-dasar Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Tim.2012.Peraturan Pertandingan Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Indonesia hasil MUNAS IPSI 2012 dengan revisi tahun 2013. Jakarta: IPSI
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##