PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAN KOMANDO TERHADAP KETERAMPILAN MERODA PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI
Sari
This study aims to determine the influence of reciprocal teaching style and the style of command against meroda skills in gymnastics floor junior high school students learning Tri Success Natar South Lampung. The method used in this study is a Quasi Experiment (Comparative), while the design of research used Randomized Pretest-Posttest Design. Based on the results of t-test calculation that the reciprocal group can show a significant increase in the average values obtained 1210.7 initial test and final test in 1280, while the average value of the initial test and final test command 1225 1384. It can be concluded that this method of learning can be improve skills in gymnastics floor meroda junior high school students Success Tri Lampung Natar south. Of the two methods of teaching styles dominate meroda skills enhancement students are commando style.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh gaya mengajar resiprokal dan gaya komando terhadap keterampilan meroda pada pembelajaran senam lantai siswa SMP Tri Sukses Natar Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Komparatif), sedangkan desain penelitian yang digunakan Randomized Pretest-Postest Design. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t bahwa kelompok resiprokal dapat menunjukan peningkatan secara signifikan diperoleh nilai rata-rata tes awal 1210,7 dan tes akhir 1280, sedangkan nilai rata-rata tes awal komando 1225 dan tes akhir 1384. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan meroda pada senam lantai siswa SMP Tri Sukses Natar Lampung selatan. Dari kedua metode gaya mengajar yang mendominasi peningkatan keterampilan meroda siswa adalah gaya komando.
Kata Kunci: komando, resiprokal, senam lantai, meroda
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurnia, Sari 2010 Senam 1, Metro: STKIP Dharma Wacana Metro.
Mahendra, Agus. 2000. Senam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek. Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Rosdiani, Dini. 2014. Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Penerbit Tarsito. Bandung.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##