PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPASANGAN DAN MEDIA DINDING TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR HANDSTAND

Tedi Kurniawan, Frans Nurseto, Suranto Suranto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk : 1)mengetahui apakah model pembelajaran bantuan berpasangan dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar handstand, 2)mengetahui apakah model pembelajaran dengan media dinding dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar handstand, 3)mengetahui perbedaan hasil latihan dengan model pembelajaran bantuan berpasangan dan model pembelajaran dengan media dinding terhadap keterampilan gerak dasar handstand pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Labuhan Ratu.  Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Dengan populasi siswa yang berjumlah 120 siswa yang terdiri dari 3 kelas, kemudian diambil sampel 25% dari populasi. Jadi sampel dengan beberapa pertimbangan yang logis berjumlah 30 siswa dan seluruhnya siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan adalahpenilaiankualitasketerampilan gerak dasar handstandyang diadaptasidariMuhajir (2004). Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t.  Hasil penelitian menunjukkan: pertama, ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran bantuan berpasangan terhadap keterampilan gerak dasar handstand pada siswa. Kedua, Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran dengan media dinding terhadap keterampilan gerak dasar handstand pada siswa. Ketiga, model pembelajaran bantuan berpasangan lebih tinggi pengaruhnyadaripadamodel pembelajaran dengan media dinding terhadap keterampilan gerak dasar handstand pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung.

Kata kunci : model pembelajaran berpasangan, model pembelajaran media dinding, gerak dasar handstand


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abdoellah, Arma dan Agusmanaji. 1994. Dasar- Dasar Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1991. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Kurikulum Pendidikan Jasmani. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Panduan Pembelajaran Silabus Penjas SMP. Jakarta.

Jubaedi, Ade. 2008.Bahan Ajar Senam 1. Bandar Lampung.

Lutan, Rusli. 1998. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK. Jakarta.

Mahendra, Agus. 2001. Pembelajaran Senam. Penerbit Direktorat Jenderal Olahraga Depdiknas. Jakarta.

Muhajir. 2007. Teori dan Praktik Pendidikan Jasmani. Yudistira. Jakarta.

Soekamto, T dan Winataputra.1997. Teori Belajar dan Model- Model Pembelajaran. Dekdikbud. Jakarta.

Sopah, Djamah. 2000. Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun Ke 5 Edisi Maret 2000.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Penerbit Tarsito. Bandung.

Sujana, Nana. 1991. Teori-Teori Belajar untuk Pengajaran. Lembaga penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Suleiman, Amir Hamzah. 1988. Media Audio-Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. PT Gramedia. Jakarta.

Tim Penyusun Kamus Bahasa Pusat. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Penerbit Balai Pustaka. Jakarta.

Universitas Lampung. 2008. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo