PERSEPSI SISWA DAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR
Sari
Kompetensi adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh seorang guru profesional. Dan kompetensi itu sendiri meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan kompetensi profesional. Tujuan dari peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kompetensi guru pendidikan jasmani sekolah dasar di kecamatan batanghari menurut persepsi siswa dan kepala sekolah.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dan yang menjadi subjek dan objek penelitian adalah beberapa sekolah dasar, siswa dan kepala sekolah di kecamatan batanghari.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi guru pendidikan jasmani sekolah dasar di Kecamatan Batanghari sudah memenuhi apa yang menjadi tuntutan dalam Undang-Undang Guru dan Dosen No.14 tahun 2005. Hal itu dibuktikan dengan beberapa aktifitas pendukung dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan oleh beberapa guru penjas. Dan berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan langsung yang dilakukan.
Kata Kunci: persepsi siswa, persepsi kepala sekolah, kompetensi guru.
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Ginting, Abdurrakhman. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Humaniora.
Hamalik, Oemar. (2009). Pendidikan Guru (Berdasarkan Pendekatan Kompetensi). Jakarta. Bumi Aksara.
Husdarta. H.J.S. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung. Alfabeta.
Kunandar. (2011). Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jagakarsa. Rajawali Pers.
Lutan, Rusli. (2000). Manajemen Pendidikan jasmani. Bandung. Depdiknas.
Mahendra, Agus. (2008). Asas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Bandung. FPOK-UPI Bandung.
Moleong, J. Lexy. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. E. (2008). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
Muslich, Masnur. (2007). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Malang. Buki Aksara.
Nasution. (2003). Metode Research. Bandung. PT Jemar
Paturusi, Achmad. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta. Rineka Cipta.
Rivai, Veithzal. (2003). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.
Sarosa, Samiaji. (2012). Penelitian Kualitatif (Dasar-Dasar). Jakarta. Indeks.
Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum dalam Lintas Sejarah. Bandung. Pustaka Utama.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif). Bandung. Alfabeta.
Suherman, Adang dan Agus Mahendra. (2001). Menuju Perkembangan Menyeluruh. Menyiasati Kurikulum Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Umum. Jakarta. Depdiknas.
Thoha, Miftah. (2007). Perilaku Organisasi. Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Usman, Moh. Uzer. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung. PT Remaja Rosda Karya.
Walgito, Bimo. (2003). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta. Andi.
Yusuf. (2001). Pertumbuhan, Perkembangan Peserta Didik. Bandung. FPOK-UPI Bandung.
, (2009). Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 Th. 2005. Jakarta. Sinar Grafika.
http://www.repository.upi.ac.id/skripsi/fpok-penjaskes/persepsimasyarakat-kompetensiaparatdesaciloto/(21 agustus 2012, 15.30 wib)
http://www.repository.upi.ac.id/jurnal/fpok-penjaskes/kompetensigurupenjaskes/(21 agustus 2012, 15.45 wib)
http://www.wikipedia-indonesia.com/definisipersepsi/(21 agustus 2012, 15.50 wib)
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##