PENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MODIFIKASI ALAT
Sari
Penelitian ini bertujuan untukmemperbaikidan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar lempar cakram pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 23 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012, dengan menggunakan bantuan alat yang di modifikasi berupa selang yang dibentuk lingkaran dengan diameter 20 cm, piring plastik, dan cakram yang terbuat dari kayu/papan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) denganmenggunakantigasiklus. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C yang berjumlah 36siswa, denganjumlah 18 laki-lakidan 18 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan instrumen penilaian tes gerak dasarlemparcakram.
Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil tes awal gerak dasar lempar cakram dengan rerata 45,9, sedangkan yang mendapatnilai di atas rerata kelas sebanyak 16 siswa atau 44,4% dan yang mendapat nilai di bawah rerata kelas sebanyak 20 siswa atau55,5%.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat penulis simpulkan bahwa dengan modifikasi alat berupa selang yang di bentuk lingkaran, piring plastik dan cakram yang terbuat dari papan/kayu dapat meningkatkan gerak dasar lempar cakram pada siswa kelas VIII C SMP N 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012.
kata kunci : gerak dasar lempar cakram, modifikasi alat bantu
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Ali Nur. 2006. Belajar Gerak (makalah). Menpora, Yogyakarta.
Anonimus. 2008. Format Penelitian Karya Ilmiah. Universitas Lampung: Bandar Lampung.
Arikunto DKK. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Bahagia, dkk. 2000. Atletik. Depdikbut :Jakarta.
Bahagia, dkk. 2000. Prinsip-PrinsipPengembangan Dan ModifikasiCabangOlahraga. Depdikbut :Jakarta.
BalaiPustaka. 2001. PedomanUmumEjaanBahasa Indonesia Yang Disempurnakan. PT (Persero) Penerbitan dan Percetakan: Jakarta
IAAF. 2000. Lari, Lempar, Lompat Level-I.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##