PERBANDINGAN METODE BAGIAN DENGAN METODE KESELURUHAN TERHADAP FOREHAND DRIVE TENIS MEJA

Aditya Wiguna, Surisman Surisman, Ade Jubaedi

Sari


This study aimed to compare the section method training and the overall training methods to the learning achievement of table tennis forehand drive. This type of research was a comparative experimental or quasi-experimental. Population were 20 students. Data collecting technique was using a "backboard test". Data analysis, was using t-test. The results showed that there is no significant influence of the training methods and the part of the overall training method for the skills of table tennis forehand drive, and there are significant differences, namely, practice method is more influence and improve the skills of forehand drive.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode latihan bagian dan metode latihan keseluruhan terhadap prestasi belajar pukulan forehand drive tenis meja. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen komparatif atau eksperimen semu. Populasi berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan backboard tes. Anilisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan: bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode latihan bagian dan metode latihan keseluruhan terhadap keterampilan bermain tenis meja pukulan forehand drive serta ada perbedaan yang signifikan yaitu, metode latihan bagian lebih berpengaruh dan lebih meningkatkan keterampilan pukulan forehand drive.

Kata kunci : forehand drive, metode bagian, metode keseluruhan, perbandingan, tenis meja.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dierich Haree. 2000. Pendidikan Pelatih Tenis Tingkat Dasar. Yogyakarta: Komite Pengembangan PB Pelti.

Harsono. 2000. Prinsip prinsip Training dan Coaching. Bandung : Sekolah Tinggi OlahragaBandung.

Sugiyanto. 2003. Belajar Gerak. Jakarta: KONI Pusat.

Supandi dan Lauren Seba. 2003. Dasar-dasar Belajar Gerak. Jakarta: Erlangga.

Winataputra, Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo