PENGARUH PEMBELAJARAN LEMPAR TANGKAP TERHADAP PENINGKATAN KOORDINASI MATA TANGAN PEMAIN KASTI

Dewi Anita Sari, Herman Tarigan, Suranto Suranto

Sari


This study aimed to determine the effect of throwing the ball learning models against the hand-eye coordination of kasti player. The method used in this study was the experimental method with a population of students in 3rd grade of SDN 4 Natar, South Lampung. This study used population sample. In this study, subjects were divided into two groups: the experimental group and the control group. From the results, the average results of the initial test in experimental group were 54.04 and 73.31 of last test. While the control group gained an average of 53.76 and the initial tests was 54.71. In the experimental group, it obtained t count was 28.33 and t table was 1.72. While t count in the control group showed 0.14 and 1.72 t tabel. It can be concluded that using the throwing catching the ball learning model can affect the increasing of hand-eye coordination kasti player.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran lempar tangkap bola terhadap koordinasi mata dan tangan dalam permainan bola kasti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi siswa kelas 3 SDN 4 Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan populasi sampel. Dalam penelitian ini subyek dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil penelitian didapatkan hasil rata-rata tes awal kelompok eksperimen 54,04 dan rata-rata tes ahir 73,31. Sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan rata-rata tes awal 53,76 dan pada tes 54,71. Pada kelompok eksperimen didapatkan thitung sebesar 28,33 dan ttabel sebesar 1,72. Sedangkan thitung pada kelompok kontrol didapatkan hasil 0,14 dan ttabel sebesar 1,72. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran lempar tangkap bola dapat mempengaruhi peningkatan koordinasi mata dan tangan dalam permainan bola kasti.

Kata kunci : koordinasi mata dan tangan, model pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto,S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Furqon, M. 2008. Mendidik Anak dengan Bermain (Buku Pegangan Guru Penjasdi Sekolah Dasar). Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Husdarta dan Saputra Y.M. 2002. Belajar dan Pembelajaran Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dikjen Olahraga.

Kirkendall. 1987. Measurement and Evaluation For Physical Educators (Second Edision) Human Kinetics Publishers. Ine Champaign. Ilinois.

Montolalu. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Schmidt A. R. 1988. Motor Control and Learning: A Behavioral Emphasis. Edisi ke-2. Champaign Illinois: Human Kinetics Publishers, Inc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Gedung H, FKIP Universitas Lampung.

Jln. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1 Rajabasa

Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung

Indonesia

 

Published by Mason Publishing, part of the George Mason University Libraries.

Mason Publishing Logo