Analisis Konteks Penggunaan Kosakata Bersinonim dalam Bahasa Lampung Dialek A Way Kanan
Abstract
This study was conducted with the aim of knowing and describing what are the synonymous words in Lampung dialect A that must pay attention to the context in its use. This type of research is qualitative with descriptive method. Data collection in this study was obtained through interviews with sources in accordance with the research data needs. Data analysis is done with three steps, namely data reduction, presenting data, and making conclusions. There are various synonymous words with synonym classes in different ways. The difference in context is based on several things, such as age, activities that are happening or being carried out, who and what is the target of speech, and paying attention to the intensity of the context in question.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui dan mendeskripsikan apa saja kata bersinonim dalam bahasa Lampung dialek A yang harus memperhatikan konteks dalam penggunannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara kepada narasumber yang sesuai dengan kebutuhan data penelitian. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Terdapat berbagai kata bersinonim dengan golongan sinonim dalam hal yang berbeda-beda. Perbedaan konteks didasarkan pada beberapa hal, seperti usia, aktivitas yang sedang terjadi atau dilakukan, siapa dan apa yang menjadi sasaran tuturan, dan memperhatikan intensitas dari suatu peristiwa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Anwari, M. R., & Yunus, M. (2020). RELASI SEMANTIK BAHASA BANJAR DIALEK HULU (SEMANTIC RELATIONS OF THE HULU BANJAR DIALECT LANGUAGE). In Sastra dan Pembelajarannya (Vol. 10, Issue 1).
Ariyanti, R. (2019). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL, TANDA BACA, DAN PENULISAN KATA PADA KORAN MERCUSUAR. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(4), 12–28.
Cahyaningrum, F., & Setiawan, B. (2018). KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DALAM KONTEKS NEGOSIASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi
Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran |114 PENTINGNYA BAHASA INDONESIA DI PERGURUAN TINGGI 1*. Alinea, 02(01), 201–206. http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea
Devianty, R. (2017). PERAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA DAERAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 79–101.
Eliza Abdul Rahman, N., & Shahrizal Nasir, M. (2014). FAKTOR KEWUJUDAN SINONIM DALAM BAHASA MELAYU DAN ARAB : SATU ANALISIS PERBANDINGAN. Jurnal Melayu Jilid, 12(1), 51–69.
Hartati, M., & Thamimi, M. (2017). ANALISIS RELASI MAKNA ADJEKTIVA DALAM BAHASA MELAYU DIALEK PONTIANAK. In Jurnal Pendidikan Bahasa (Vol. 6, Issue 2).
Holidazia, R., & Rodliyah, S. R. (2020). Strategi Siswa dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Students’ Strategies in English Vocabulary Learning. Jurnal Penlitian Pendidikan, 20(1), 111–120.
Irmawati, A., & Ratnaningsih, D. (2022). SINONIM NOMINA DAN ADJEKTIVA PADA DIALEK O BAHASA LAMPUNG.
Kristanto, P. D., & Setiawan, P. G. F. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait dengan Konteks Pedesaan.PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika2. PRISMA, 3, 370–376. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., Lazuardi, J., & Komunikasi, P. I. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia (Vol. 1, Issue 2). Online. www.plus62.isha.or.id/index.php/kampret
Oktaviani Pohan, M., & Deli Sianturi, R. (2022). Penerapan Algoritma Rabin-Karp Pada Pencarian Sinonim Kata. In Journal of Informatics Management and Information Technology (Vol. 2, Issue 1). https://hostjournals.com/
Pantouw, L. A. A. (2018). SINONIM NOMINA BAHASA MELAYU MANADO. In Tahun VI (Issue 1).
Permatasari, R., Manaf, N. A., & Juita, N. (2019). NUANSA MAKNA SINONIM VERBA TRANSITIF BERIMBUHAN meng-kan BERMAKNA INHEREN PERBUATAN DALAM BAHASA INDONESIA. Sosiohumaniora, 21(1), 46. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i1.17947
Privana, E. O., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menulis Kata Baku dan Tidak Baku pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 22–25.
Rahayu, R. (2020). PELAKSANAAN MULOK BAHASA LAMPUNG DALAM UPAYA PELESTARIAN BAHASA LAMPUNG DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN Implementation of Mulok Lampung Language in Effort to Preserve Lampung Language in South Lampung.
Saifudin, A. (2018). KONTEKS DALAM STUDI LINGUISTIK PRAGMATIK.
Saputra, A. J., Chintana, V. R., Wulandari, I., & Yosepa, Y. (2022). ANALISIS FAKTOR PERGESERAN PENGGUNAAN BAHASA LAMPUNG PADA GENERASI Z DI KOTA BANDAR LAMPUNG. In Januari (Vol. 1, Issue 1). https://jurnalsociologie.fisip.unila.ac.id
Wicaksono, L. (2016). Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran Luhur. In J P P Journal of Prospective Learning (Vol. 1, Issue 2). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m
Zhang, L. (2022). STUDI BERBASIS KORPUS: PERBANDINGAN KOLOKASI DAN PROSODI SEMANTIK SINONIM BAHASA INDONESIA “MENYEBABKAN” DAN “MENGAKIBATKAN.” MABASAN, 16(1), 153–176. https://doi.org/10.26499/mab.v16i1.517
Refbacks
- There are currently no refbacks.