Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Lampung Melalui Model Discovery Learning Dengan Teks Waghahan Di SMP

Eliyana Eliyana, Patuan Raja, Sumarti Sumarti

Abstract


The purpose of this research was to describe the improvement of learning speaking skill of Lampung language of through Discovery Learning Model with text Waghahan on students of class VIII A in SMP Negeri 4 Bandar Lampung academic year 2016/2017. The method used was the Classroom Action Research. The result showed that there were improvements; 1) the lesson planning through discovery learning at cycle I had good category, while at cycle II, it had very good category; 2) the process of learning through discovery learning had changed the atmosphere of learning to be more effective and it improved the students’ creativity. At cycle I, it had good category, while at cycle II, it had very good category; 3) After having teaching process through discovery learning model,  the result of students’ speaking skill got everage score that at cycle I was  68.57 was enough, while at cycle II was 85.00 with good caegory; 4) the result of cycle II was better than cycle I

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa lampung melalui model discovery learning dengan teks waghahan pada siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 4 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan; 1) rencana pembelajaran melalui model discovery learning pada siklus I dalam kriteria baik, pada siklus II rencana pembelajaran dalam kriteria sangat baik, 2) pada siklus I pelaksanaan pembelajaran dalam kriteria baik sedangkan siklus II pelaksanaan pembelajaran dalam kriteria sangat baik, 3) hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa diperoleh nilai rata-rata yaitu siklus I sebesar 68,57 dengan kriteria cukup, sedangkan siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,00 dengan kriteria baik, 4)  hasil siklus II lebih baik daripada siklus I

Kata kunci: Discovery Learning Model, keterampilan berbicara, teks waghahan.


Full Text:

PDF

References


Anafi. 2012. Peningkatan Keterampilan Bercerita dengan Menggunakan Media Wayang Boneka Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Seyegan Sleman. (Skripsi). UNY. Yogyakarya. 293 hlm.

Anlisia, Yulita. 2017. Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Hasil Observasi Melalui Model PBL Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. (Tesis). Universitas Lampung. Bandar Lampung. 223 hlm.

Budiningsih. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Cohen, Andrew.D. 1998. Strategies in Learning and Using a second Language. New York: Longman.

Cohen, Andrew.D., Weaver, S. J., dan Li, T. 1996. The Impact of Strategies-based Instruction on Speaking a Foreign Language. [Online]. Diakses dari: http://carla.acad.umn.edu/ resources/workingpapers/documents/ImpactOfStrategiesBasedInstruction.pdf

O’Malley, I.M. dan Chamot, A.U. 1990. Learning Strategies in Second Language Acquisition. New York: Cambridge University Press.

Oxford, R.L. 1990a. Language Learning Strategies: What Every Teacher should Know. New York: Newbury House Publishers.

Peraturan Gubernur Lampung Nomor 39. 2014. Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa dan Aksara Lampung pada Jenjang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pranowo. 2014. Teori Belajar Bahasa Untuk Guru Bahasa dan Mahasiswa Jurusan Bahasa. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Syarif, Elina. 2016. Model Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.