Kemampuan Membaca Ringget Lampung Pepadun dan Pembelajarannya Pada Siswa Kelas VIII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membacakan ringget masyarakat lampung pepadun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian tehadap kemampuan siswa membaca ringget lampung pepadun, yaitu: (1) bedasarkan lima aspek penilaian membaca ringget dimana nilai secara keseluruhan yaitu 86,5. (2) berdasarkan lima aspek membaca ringget lampung pepadun, dimana hasil membaca ringget yang rendah. (3) Upaya pelestarian budaya daerah lampung khususnya ringget dapat dijadikan bahan pembelajaran bahasa lampung di Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa antusias terhadap kegiatan belajar mengajar. Jadi, ringget pada masyarakat lampung pepadun dapat dijadikan alternatif bahan pengajaran bahasa lampung di SMP khususnya materi ringget.
Kata kunci: Membaca, ringget lampung pepadun, siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariyani, Farida. 2015. Konsepsi Piil Pesenggiri Menurut Masyarakat Adat Lampung Waykanan Di Kabupaten Waykanan (Sebuah Pendekatan Discourse Analysis). Bandar Lampung. AURA Publishing.
Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Istrasari, Santi. 2009. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Permainan Bulan Desember Karya Mira W: Tinjauan Psikologi Sastra. Surakarta: Uni-versitas Muhammadiyah Surakarta. 21 November 2013. www: http://google.co.id/search?hl=id&client=firefoxa&hs=3wL&rls=org.mozilla:enUS:official&sa=X&ei=Yg65TfS8CorIvQPskKGiAw&ved=0CBQQBSgA&q=metode+deskriptif+kualitatif+menurut+semi&spell=1.
Sanusi, A. Efendi. 2001. Sastra Lisan Lampung. Lampung: Unila.
Sanusi, A. Effendi. 1996. Sastra Lisan Lampung Dialek Abung. Bandar Lampung: Gunung Pesagi.
Sanusi, A. Effendi et al. 1996. Struktur Puisi Lampung Dialek Abung. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.