Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Lampung Berbasis Teks Kelas VIII Semester Ganjil
Abstract
The purpose of this study was to develop and create a module of learning Lampung language. This research was a Research and Development (R & D) by following research and development model of Borg and Gall. The results of research and development at the first stage of producing the product that was Textbook Module Text Based Language In accordance with Curriculum 2013 Class VIII Odd Semester. The first phase of the research began with the following activities: 1) research on the needs analysis of learners, 2) making lesson plans and draft development materials, 3) development of learning material products, 4) initial testing in small groups, and 5) product revisions. Further research results in phase II, namely: 6) field trials and 7) revision of the product field trial results. The results of field trials known that the use of learning modules have moderate effectiveness to improve the ability of the students of Lampung class VIII.
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan membuat modul pembelajaran bahasa Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengikuti model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Hasil penelitian dan pengembangan pada tahap I menghasilkan produk yaitu Modul Pembelajaran Bahasa Lampung Berbasis Teks Sesuai Dengan Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester Ganjil. Penelitian tahap I diawali dengan kegiatan: 1) penelitian tentang analisis kebutuhan peserta didik, 2) membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan draf materi pengembangan, 3) pengembangan produk materi pembelajaran, 4) uji coba awal pada kelompok kecil, dan 5) revisi produk. Selanjutnya hasil penelitian pada tahap II, yaitu: 6) uji coba lapangan dan 7) revisi produk hasil uji coba lapangan. Hasil uji coba lapangan diketahui bahwa penggunaan modul pembelajaran mempunyai efektifitas sedang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Lampung peserta didik kelas VIII.
Kata kunci: Bahasa Lampung, modul, pengembangan, teks.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Borg, W. R & Gall, M. D, Gall. 1989. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition,Longman. New York.
Halliday, M.A.K. dan Ruqaiya Hasan. 1994. Bahasa Konteks dan Teks: AspekAspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial. (Terjemahan: Asruddin Barori Tou dari Judul Asli: Language, Context, and Text: Aspects of Language in a Social-Semiotic Perspective). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pannen, Paulina, dkk. 2001. Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
Rahman, Anwar. 2010. Tesis Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis Program Studi Akuntasi Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung. Universitas Lampung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung (Research and Development/ R & D). CV. Alfabeta.
Tarigan, H.G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.