Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Memahami Warahan

Rumiyati Rumiyati, Siti Samhati, A. Effendi Sanusi

Abstract


One of the urban stories from Lampung was called Warahan. Its an ancient story telling model with a moral meaning. This also one of a lesson items for students in Junior High School of SMP Negeri 1 Kotabumi, North Lampung. Considering how importance to give a moral value for students, this research was to investigate a Contextual Teaching and Learning (CTL) methods to understand a moral values from Warahan for students. Data has been taken from some kinds of techniques where the students were put in some discussion groups dan giving them a writing test. This experiment was found a significant progress with Contextual Teaching and Learning (CTL) methods where students were giving a chance to improve themselves dan learning by doing comparing with a reality.

Salah satu jenis sastra daerah Lampung berbentuk cerita yang berisi pesan moral adalah Warahan. Materi ini terdapat di dalam mata pembelajaran Bahasa Lampung yang diajarkan di SMP Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara. Mengingat pentingnya penanaman pesan moral melalui pembelajaran di sekolah, maka penelitian ini mencoba mengkaji model pembelajaran kontekstual yaitu Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi warahan. Sebagai penelitian eksperimen, data diperoleh dengan cara membagi siswa dalam kelompok dan memberikan tes tertulis. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan model pembelajaran CTL yang merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan fasilitas kegiatan belajar siswa untuk mencari, mengolah, dan menemukan pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret (terkait dengan kehidupan nyata) melalui keterlibatan aktivitas siswa dalam mencoba, melakukan, dan mengalami sendiri.

Kata kunci: Contextual Teaching Learning (CTL), Memahami Warahan, Pesan Moral.


References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanusi, A. Effendi. 2003. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Bandar Lampung: Gunung Pesagi.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyana, dkk. 1999. Buku Pintar Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: Aneka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.