Peningkatan Membaca Pemahaman Teks Beraksara Lampung Tipe Team Assisted Individualization (TAI)

Arham Habibi, Mulyanto Widodo, Iqbal Hilal

Abstract


The purposes of this research were to describe learning comprehension text reading Lampung and improve learning outcomes reading comprehension text Lampung through the model cooperative learning type TAI (Team-Assisted-Individualization). Data collection in this research used test and observation method. The results obtained after the implementation of the action, students become more active and enthusiastic in following learning comprehension reading. Students show high attitudes, interests, and passion. It was shown an increase in the number of students who reached the Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM) and increase the average value of the test. The number of students reaching KKM on pratindakan is 20%, cycle I is 60%, and the end of cycle II is 85%, while the average value of pre-action test is 62,00, cycle I is 69,25, and the last of cycle II is 74.50.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran membaca pemahaman teks beraksara Lampung dan mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran membaca pemahaman teks beraksara Lampung melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team-Assisted- Individualization). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh setelah implementasi tindakan, yaitu siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran membaca pemahaman. Siswa menujukkan sikap, minat, dan semangat yang tinggi. Hal itu ditunjukkan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pratindakan sebesar 20%, siklus I sebesar 60%, dan akhir siklus II sebesar 85%, sedangkan nilai rata-rata tes pra tindakan 62,00, siklus I 69,25, dan akhir siklus II 74,50.

Kata kunci : Kemampuan, membaca, strategi, Team-Assisted-Individualization (TAI)


References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Farida Rahim. 2007. Pengajaran Membaca.Jakarta : Bumi Aksara.

Farida Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mel Silberman. 2009. 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogjakarta: Pustaka Insan Madani.

Nana, Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja. Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.