PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL TIYUH LAMPUNG - Artikel berisi tentang bahasa, sastra, dan/atau pembelajarannya, baik hasil penelitian maupun bukan hasil penelitian.
- Artikel harus asli (bukan plagiat) dan belum pernah dipublikasikan.
- Naskah ditulis dengan bahasa Indonesia secara benar, 10 s.d. 20 halaman A4, spasi 1,5, program Windows Microsoft Word, dan bertipe huruf Times New Roman dengan font size 12.
- Naskah diserahkan dalam bentuk print-out sebanyak 3 rangkap dan file dalam CD atau diemail ke rahmat.prayogi@fkip.unila.ac.id.
- Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.
- Judul: ditulis dengan singkat, padat, lugas, dan mencerminkan isi.
- Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, di bawah judul; penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan.
- Instansi/Alamat Penulis: di bawah nama penulis ditulis nama instansi dan alamat email.
- Abstract/Abstrak: ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan panjang antara 100-120 kata dalam satu alinea. Abstrak hasil penelitian berisi tujuan, metode, dan hasil dan pembahsan. Artikel nonpenelitian berisi permasalahan dan pembahasan.
- Key Words/Kata Kunci: diisi 3 s.d. 5 kata/frase sesuai dengan substansi artikel.
- Batang Tubuh Artikel: (I) Artikel hasil penelitian terdiri atas pendahuluan (latar belakang, permasalahan, dan tujuan), metode, hasil dan pembahasan, dan simpulan dan (ii) artikel nonpenelitian terdiri atas pendahuluan (permasalahan dan kerangka pikir dan/atau kerangka analisis), Pembahasan (sub-subjudul yang berisi pembahasan), dan simpulan.
- Daftar Pustaka: hanya mencantumkan sumber yang dirujuk dalam artikel.
Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Bogdan, R. C. dan Biklen, S. K. 1998. Qualitative Research for Education an Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon. Budianta, M.; Husen, I.S.; Budiman, M.; dan Wahyidu, I. 2008. Membaca Sastra Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. Jogya: IndonesiaTera. Littlemore, J. 2009. Applying Cognitive Linguistics to Second Language Learning and Teaching (E-book). New York: Palgrave Macmillan. Kumaidi.1998. Pengukuran Bekal Awal Beajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Oline), Jilid 5, No.4, (http://www.malang.ac.id, diakses 20 Januari 2000). Turner, J.H. dan Maryanski, A. 1979. Fungsionalisme. Terjemahan Abdul Syukur Ibrahim (Editor). 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 6. Cara merujuk pengarang di dalam batang tubuh artikel harus menyebutkan nama belakang pengarang, tahun, dan halaman. Contoh: (Mitchel, 2011:53), atau Mitchel (2011:53). 7. Artikel yang masuk ke meja redaksi diseleksi oleh tim penyunting. Artikel dapat diterima tanpa perbaikan, diterima dengan perbaikan, atau ditolak. Artikel dikirim lewat alamat email.
|