PENGARUH PERSEPSI WARGA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
The purpose of this research was to analyze: 1) influence the perceptions of citizens on subjects of learning achievements learning math, 2) influence the utilization of computer media in learning achievement against learning math, 3) the influence of learning motivation of learning achievement against learning math. The population in this research is the entire class of X consisting of 3 classes numbered 107 in high school C Pack equivalent Center Of Learning Society Taruna Jaya. The conclusion of the research was the influence there of: 1) the perception of students in subjects with learning achievements of students, with regression ? = 2,181+ 0,877 X1 which increases 1 score variable perception of citizens will increase learning achievements learning math 3,058; 2) the utilization of computer media with the learning achievements of students, with regression ? = 21,811+ 0,716 X2 which increases 1 score variable will increase the use of computer media score achievement learning math of 22,527.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: 1) pengaruh persepsi warga belajar pada mata pelajaran terhadap prestasi belajar matematika, 2) pengaruh pemanfaatan media komputer dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, 3) pengaruh motivasi belajar warga belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri atas 3 kelas berjumlah 107 di Paket C setara SMA PKBM Taruna Jaya. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh antara: 1) persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dengan prestasi belajar siswa, dengan koefisien regresi ? = 2,181+ 0,877 X1 dimana kenaikan 1 skor variabel persepsi warga belajar akan meningkatkan prestasi belajar matematika 3,058; 2) pemanfaatan media komputer dengan prestasi belajar siswa, dengan koefisien regresi ? = 21,811+ 0,716 X2 dimana kenaikan 1 skor variabel penggunaan media komputer akan meningkatkan skor prestasi belajar matematika sebesar 22,527.
Kata kunci : motivasi, pemanfaatan media komputer,dan persepsi
Full Text:
PDFReferences
AECT, 1977. The Definition of Education Technology. Edisi Indonesia diterbitkan oleh CV. Rajawali dengan judul Definisi Teknologi Pendidikan (Seri Pustaka Teknologi Pendidikan Nomor 7)
Ahmadi, Abu. 2001. Ilmu Pendidikan. CV Toha Putra Semarang
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pengajaran. Jakarta: Raja grafindo Pesada.
Anderson. 2001. A. Taksonomi for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Copyright by addison Wesley Longman, Inc.
Anita Woolfolk. 2002. Educational Psychology. Ninth edition. Boston: Pearson.
Ely, G. 1971. Teaching and Media Systematic Approach. New Jersey Prentice Hall, Inc.
Direktorat Kesetaraan. 2006. Acuan Pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan. Direktorat Pendidikan Kesetaraan. Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne, Robert N. 1992. The Condition of Learning. Third Edition. New York. Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Ibrahim, 2002. Media Instruksional. Malang : FIP IKIP Malang
Uno, B. Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya; Analisis di 15 Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta:Prenada Media.
Nana Sudjana, . 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru.
Prastati, Trini. 2001. Media Sederhana. Jakarta: PAU-PPAI-UT.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2004. Mozaik Teknologi Pendididkan. Jakarta: Prenada Media
Rahmat, DJalaluddin. 2006. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rohani, Ahmad. 2007. Media Instruksional Edukatif. Bandung: PT. Rineka Cipta.
Ruseffendi,E.T. 2001. Dasar-dasar Matematika Modern Untuk Guru. Bandung: Tarsito.
Sardiman,A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slamento. 2005. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukarman, Herry. 2002. Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika Yogyakarta: PPPG Matematika.
Suciati. 2001. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: Pekerti-AA Dirjen Dikti. Depdiknas.
Wardhani, Sri. 2002. Pembelajaran Matematika Yang Kontekstual atau Realistik. Yogyakarta: PPPG Matematika
Usman, Husaini dan R. Purnomo S.A. 2003. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial; Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, W.S. 2006. Psikologi Pengajaran. . Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
Zainul, Asmawi dan Nochi Nasoetion. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.