PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING
Abstract
The purposes of this study were (1) to analyze the condition and potential for developing chemistry practical guide,(2) describe the process chemistry laboratory guide the development process,(3) produce a chemistry practical guide development ,(4) analyze the effectiveness of chemistry practical manual. This research used and development approach Borg and Gall. The study was conducted in senior high school Kemala Bhayangkari Kotabumi, SMAN 1 and SMAN 4 Kotabumi. Data collection using the instrument test, questionnaire, and observation sheet. Data were analyzed by descriptive quantitative.Conclusions of research are:(1) the condition of the was chemistry practical guide not support the developing practical activities and characteristics of students mosly have kinesthetic learning style.(2)The process of guideline development experts test a chemistry laboratory test materials experts, media expert test,instructional design expert was linguists.(3) Specifications of the involved chemical material class tenth senior high school chemical bonds,consisted of the first part (introduction), the core (practicum) and the final section (bibliography).
Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kondisi dan potensi untuk pengembangan panduan praktikum kimia, (2) mendeskripsikan proses pengembangan panduan praktikum kimia, (3) menghasilkan panduan praktikum kimia, (4) menganalisis efektifitas panduan praktikum kimia. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Penelitian dilakukan di SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi, SMA Negeri 1 Kotabumi dan SMA Negeri 4 Kotabumi. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Kesimpulan penelitian adalah: (1) kondisi panduan praktikum Kimia yang digunakan belum mendukung kegiatan praktikum dan karakteristik siswa sebagian besar memiliki gaya belajar kinestetik.(2) Proses pengembangan panduan praktikum kimia melibatkan uji ahli materi, uji ahli media, uji ahli desain pembelajaran dan uji ahli bahasa. (3) Spesifikasi panduan praktikum kimia materi ikatan kimia SMA kelas X, terdiri dari bagian awal (pengenalan), bagian inti (kegiatan praktikum) dan bagian akhir (daftar pustaka).
Kata kunci : inkuiri terbimbing, kimia, panduan praktikum
Full Text:
PDFReferences
Bruner, J. S. 1966. Toward a Theory of Instruction. Cambridge: Havard University Press.
Degeng, I Nyoman. 2013. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup.
Gagne, R. 1985. The Conditions of Learning (4th ed.). New York: Holt, Rinehart & Winston.
Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Herpratiwi. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Lampung: Penerbit Universitas Lampung.
Januszewski dan Molenda. 2008. Educational Technologi A Definition with Commentary. USA:Taylor and Farcis Group, LLC.
Lestari,T. 2009. Pembelajaran Kimia dengan Inkuiri Terbimbing melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Awal dan Sikap Ilmiah Siswa. Surakarta: Tesis Program Studi Pendidikan Sains Universitas Sebelas Maret.
Miarso, Y. 2013. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.
Smaldino, Sharon E., dkk. 2012. Instructional Technology & Media for Learning Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar: Edisi Kesembilan. Jakarta: KencanaPredana Media Group.
Sulistina, O. 2010. Pengembangan Pembelajaran Kimia dengan Model Inkuiri Terbimbing. Buku tidak diterbitkan. Malang. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang.
Vygotsky L.S. 1978. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge : Harvard University
Refbacks
- There are currently no refbacks.