PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS TEKS ARGUMENTASI MELALUI PENGGUNAAN MODEL DEBAT SEBAGAI MEDIA

Bambang Supranoto, Sudjarwo Sudjarwo, Adelina Hasyim

Abstract


This research was done to analyze: (1) the improvement of students competence in writing argumentative text through a learning design that used debate as media, (2) the learning process that used debate as media to help students increase their ability in expressing idea and opinion and developing vocabulary, (3) system of evaluation that used debate as media to increase students competence in writing argumentative text, and (4) the using of debate as media to increase students ability in writing argumentative text. The conclusions of this research were (1) the learning process that used debate as media was designed by giving assignment and discussion method, (2) the learning process that used debate as media could activate students, (3) system of evaluation that used test of writing, and (4) the using of debate as media could increase students competence in writing argumentative text.

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa (1) peningkatan kompetensi siswa dalam menulis teks argumentasi melalui sebuah desain pembelajaran yang menggunakan debat sebagai media, (2) proses pembelajaran yang menggunakan debat sebagai media untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam mengungkapkan gagasan dan opiniserta mengembangkan kosakata (3) sistem evaluasi yang menggunakan debat sebagai media untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks argumentasi, dan (4) penggunaan debat sebagai media untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks argumentasi.Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) desain pembelajaran yang menggunakan debat sebagai media dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks argumentasi, (2) proses pembelajaran yang menggunakan debat sebagai media dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis teks argumentasi, (3) sistem evaluasi yang menggunakan debat sebagai media dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis teks argumentasi, dan (4) penggunaan debat sebagai media dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks argumentasi

Kata kunci : debat, menulis, media, dan teks argumentasi media.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Ardiana. Leo Idra. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Pelatihan Terintregasi Berbasia Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Ditjen Dikdasmen. Jakarta

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. Bandung

Betten Court. A. 1989. What is Construction and Why Are thing talking about it. Michigen State University. Michigen

Depdikbud. 1971. Buku Harian Untuk Guru. Balai Pustaka. Jakarta

Depdiknas (2002) Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Pusat Kurikulum –Balibang Depdiknas.

---------, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta

---------, 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta

Djamarah. SB. Zain Asuwan, 2006, Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.Jakarta

Firdaus_Rida Blogspot.com, Jumat, 13 Januari 2012.

Gagne and Brigg L.J. 1979. Principles or Instruction Design, New York,Holt Rinehart and Winston

Gagne, Robert M. 1965. The Condition of Learning. New York: Holt, Rinehart &Winston.

Guba. EG. Dan Lincoln. 1981, Effective Evaluation: Improving The Usefulness of Efaluation Results Throunght Responsive and Naturalistic Approaches.CA: Jossey – Bass. San Fransisco

Herbet, 2008. Incorporating classroom debate into university EFC speaking courses, Universitas Kyoto Sanyo.

Jacobs, Holly L. 1981. English Composition Program : Testing ESL.

Composition A. Pratical Approach. Newbury Publisher Inc. London.

Kemmis, S. 1982. Action Research in Retrospect and Prospect. Deakin Universty,Victoria

Keraf, Groys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Lors bach. A. dan Tobin. K, 1992. Constructivism as a Referent for Science Teaching NARST Research Matters to The Science Teacher……..

Madya, Suwarsih, 1994. Panduan Penelitian Tindakan. Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta. Yogyakarta

Mulyasa, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung

Nana Sudjana dan Daeng Arifin, 1988. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru

Semiawan, conny R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam taraf usia dini (Pendidikan pra sekolah dan Sekolah Dasar). PT. Prenhallindo, Jakarta

---------. 2002. Pendekatan Pembelajaran: Acuan Konseptual Pengelolaan KBM di Sekolah. Jakarta: Konsorsium ilmu Pendidikan, Ditjen Dikti Depdikbud.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.