EVALUASI DAMPAK PELATIHAN PAKEM

Bambang Sejati, Adelina Hasyim, Dwi Yulianti.

Abstract


This research was aimed to understand and evaluate the implementation impact of PAKEM Training in Junior High School 1 West Sungkai, North Lampung Regency. It included participant comprehension about PAKEM and implementation in the class.Responden of this research were all teacher or 25 people who teach in Junior High School no. 1 West Sungkai.The result of this research are (1) The Participant comprehension about PAKEM concept was good enough, indicated by average right answer reach 78% to 15 submitted questions, consist of 7 questions in comprehension degree very good (more than 80% right answer), and 6 questions in comprehension degree good (70%-79,99% right), and 2 questions in comprehension degree enough (60%-69,99% right).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi dampak pelaksanaan pelatihan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) di SMP Negeri 1 Sungkai Barat Kabupaten Lampung Utara, yang meliputi pemahaman peserta pelatihan tentang PAKEM dan pelaksanaan pembelajaran PAKEM di kelas. Responden Penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri 1 Sungkai Barat sebanyak 25 orang. Hasil Penelitian adalah (1) Pemahaman konsep PAKEM dapat dikatakan amat baik yang didukung oleh data bahwa dari dua puluh lima responden dominan berada pada kategori amat baik yaitu sebanyak 13 orang atau 52%, sedangkan yang berada pada kategori cukup baik sebanyak 7 orang atau 28%, dan yang berada pada kategori kurang baik sebanyak 3 orang atau 12% dan 2 orang berada pada kategori baik atau sebanyak 8%.

Kata kunci: Evaluasi, PAKEM, Pendidikan, Pembelajaran, Pelatihan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi Syafruddin Abdul Jabar, 2009, Evaluasi Program Pendidikan, edisi kedua, Bumi Aksara, Jakarta.

Baharudin, Esa Nurwahyuni, 2008, Teori Belajar dan Pembelajaran, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Dave, 2001, The Accelerated Learning Panduan Kreatif & Efektif Merancang Program Diklat, Kaifa,Bandung.

Depdiknas, 2010 , Konsep Pakem /http://www.duniaedukasi.net/2010/06/(Sabtu 12 Februari 2011 pukul 21.00)

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk, 2007, Strategi Belajar Mengajar, Edisi revisi, Rineka cipta, Jakarta.

Indrawati, 2009, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, PPPPTK IPA, Jakarta.

Johnson, Elaine B,PH.D, 2009, Contextual Teaching & Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna, MLC, Bandung Meier.

Khaerudin, 2009, Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Melalui Pakem, /http://www.ilmupendidikan.net (Minggu 13 Februari 2011 pukul 13.00). Lembaga

Administrasi Negara, 2003, Evaluasi Diklat Bagi Pengelola Diklat, Jakarta. Modul Pelatihan Praktik yang baik, Buku 1, 2008, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Modul Pelatihan praktek yang baik, buku 2, 2008, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mutrofin, 2010, Evaluasi Program, Teks Pilihan untuk Pemula, Cetakan ketiga, Yogyakarta, LaksBang PRESSindo.

Silberman, Melvin L, edisi revisi, 2009, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Nusamedia, Bandung.

Sri Astuti, Putu, 1998, Evaluasi Pelaksanaan Program Karang Taruna dalam Pembinaan Remaja di Kabupaten Badung Propinsi Bali, Tesis, Program pasca sarjana IKIP Yogyakarta.

Sudijono, Anas, 2009, Pengantar Evaluasi Pendidikan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikaan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Tayipnapis, Farida Yusuf, 2008, Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi, Rineka cipta, Jakarta

Widoyoko, Ekoputro, 2009, Evalusi Program Pembelajaran, Pustaka pelajar, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.