PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL KINEMATIKA GERAK DENGAN ANALISIS VEKTOR
Abstract
This study aimed to: (1) describe the potential and initial conditions of physics matter learning kinematic motion with vector analysis, (2) describe the steps in the development of modules, (3) analyze the effectiveness. The method used in this research was research and development.Data was collected using questionnaires, observation sheets, and test and test analyzed using t-test. The study concluded: (1) In the matter of kinematics motion with vector analysis not available teaching materials did not optimize the learning process. Teaching materials not present prerequisite material that was an integral and deferensial. (2) The step in the development of the module were: a) the writing module, b) validation experts, c) testing and revision, d) field testing. (3) The module was more effective 75% based on the increased value of the test, but if it was based on the achievement of KKM, the effective achvement was only on SMAIT Baitul Muslim.
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan potensi dan kondisi awal pembelajaran fisika materi kinematika gerak dengan analisis, (2) mendeskripsikan langkah langkah dalam pengembangan modul, (3) menganalisis efektifitasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan.Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan tes serta dianalisisis menggunakan Uji t test.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Pada materi kinematika gerak dengan analisis vektor belum ada bahan ajar yang mengoptimalkan proses belajar. Bahan ajar yang tersedia tidak menyajikan materi prasyarat yaitu integral dan deferensial. (2) Langkah langkah dalam pengembangan modul adalah : a) penulisan modul, b) validasi ahli, c) uji coba dan revisi, d) uji lapangan. (3) Modul lebih efektif 75% berdasarkan peningkatan nilai tes, namun jika berdasarkan pencapaian KKM hanya efektif pada SMAIT Baitul Muslim.
Kata kunci: analisis vektor, kinematika gerak, modul
Full Text:
PDFReferences
Borg, Walter R. & Meredith D Gall,. 1979. Educational research. an introduction (4th ed.). New York: Longman Inc.
Budiningsih, C.A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2009. Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung : PT Refika Aditama
Karwono. 2010. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan sumber belajar. Bandung : Cerdas Jaya
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta : DIVA press
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana
Rusman. 2011. Model Model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini,. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Smaldino, Sharon E, dkk. 2011. Intructional Technology And Media Media For Learning : Teknologi Pembelajaran Dan Media Untuk Belajar. Jakarta : Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.