PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD
Abstract
The increase of nasionalism attitude and learning achievement by cooperative learning model type of STAD social studies. The purposes of this research were to describe (1) planning of learning implementation, 2) learning implementation, 3) increasing learning achievement of social studies through Cooperative Learning model of STAD type.This research was a classroom action research by three cycles. Each cycle from planning, acting, observasing and reflecting The result of this research were : 1) lesson plan was made based on analysis of student learning needs, determining indicator of knowledge and nationalism attitude, the third cycle was 4,7; 2) learning implementation was material presentation briefly, group learning activity, examining the result of group activity, working individually, examining the test result and group awards, the third cycle was 85,45; 3) learning assessment system for cognitive domain with test, and for affective domain nationalism attitude with observation sheet.
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: (1) penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran,(3) peningkatan prestasi belajar IPS melalui model Cooperative Learning tipe STAD di SDN 1 Metro Barat.Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) RPP dibuat sesuai analisis kebutuhan belajar siswa, menentukan indikator atau tujuan pembelajaran yang memenuhi aspek pengetahuan dan sikap nasionalisme, hasil penilaian siklus ke tiga 4,7 kategori sangat baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran diawali dengan persiapan pembelajaran, penyajian materi secara singkat, kegiatan belajar kelompok, pemeriksaan hasil kegiatan kelompok, mengerjakan soal secara individual, pemeriksaan hasil tes, dan penghargaan kelompok, hasil penilaian siklus ke tiga 85,45 kategori sangat baik; (3) Sistem penilaian, untuk ranah kognitif dengan soal tes pilihan ganda, dan untuk ranah afektif sikap nasionalisme melalui lembar observasi.
Kata kunci: cooperative learning STAD, prestasi belajar, sikap nasionalismeFull Text:
PDFReferences
Dimyati, Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Gunawan, Bakti. 2013. Penerapan Teori Belajar Vigotsky dalam pembelajaran. (Online), (http://www.academia.edu/6260463, diakses 20 Pebruari 2013).
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara
Hopkins, David. 1993. A Teachers Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.
Budiana, I Made, 2014. Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model STAD Sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran Nasionalisme Pada Siswa Kelas XI IPB 1 SMA Karya Wisata Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Widya Winayata, Volome 2, No.1.
Muhibin, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo
Munthe, Bermawy. 2014. Desain Pembelajaran.Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani
Permendiknas No. 22 tahun 2006. Tentang Standar Isi. Jakarta : Kemendiknas
____________No. 41 tahun 2007. Tentang Standar Proses. Jakarta : Kemendiknas
Pribadi, Benny A. 2009. Model-model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prodi Tenologi Pendidikan PPS UNJ
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Soemardjan. 2000. Menuju Tata Indonesia Baru. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta Slavin, Robert E, 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. (terjemahan). Bandung : Nusa Media
Smaldino,S.,Lowther, D. & Russel, J. 2012. Instrucsional Technology & Media for Learning : Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Terjemahan Cetakan ke-2 Edisi ke-9. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Wahab, Abdul Azis. 2007. Metode dan Model-model Mengajar IPS. Bandung : Alfabeta Bandung.
Wardhani 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.