PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR
Abstract
The purpose of research is to describe: (1) planning for the development of language learning, (2) an increase in language development, and (3) the activities of teachers and children in the learning process through the use of picture to increase language development through picture. This study uses an action research, conducted in RA AlHikmah Bandar Lampung, which consists of three cycles, each cycle consisting of three meetings. The first cycle using picture kinds of jobs, the second cycles using the picture of police, and the third cycle using the picture of farmers. Data collection techniques are using observation, interviews, and documentation and analyzed by quantitative descriptive.Conclusion of research are: (1) planning for the development of a child's language learning through the use of picture adjusted with a thematic approach, (2) use of picture can improve children language development in RA Al - Hikmah Bandar Lampung.
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran untuk perkembangan bahasa, (2) peningkatan perkembangan bahasa, dan (3) aktivitas guru dan anak dalam proses pembelajaran melalui pemanfaatan media gambar untuk peningkatan perkembangan bahasa melalui media gambar pada anak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan, dilakukan di RA Al - Hikmah Bandar Lampung, yang terdiri dari tiga siklus.Siklus pertama menggunakan beberapa gambar pekerjaan, siklus kedua media gambar polisi,dan siklus ketiga media gambar petani. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis dengan deskriptif kuantitatif.Kesimpulan penelitian adalah: (1) perencanaan pembelajaran untuk perkembangan bahasa anak melalui pemanfaatan media gambar disesuaikan dengan pendekatan tematik, (2) pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di RA Al - Hikmah Bandar Lampung
Kata kunci: media gambar, pemanfaatan, perkembangan bahasa
Full Text:
PDFReferences
Ali, H.M. 2000. Guru dalam Proses Belajar Mengajar.Cetakan ke-1.Bandung : PT Sinar Baru Algensindo.
Djamarah, S.B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Citra.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail, Andang. 2006. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Miarso,Yusufhadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Moeslichatoen. 2004. Metode pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Pembelajaran. Jakarta: Dian rakyat
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A. M. 2009. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Smaldino, dkk.2011. Instruktional Technology and Media for Learning. Jakarta: Kencana.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Syaodih, Ernawulan. 2010. Bimbingan Konseling untuk Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan : Penerbit Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.