PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KOMPETENSI DASAR TEKS PROSEDUR BERBENTUK MANUAL

Wayan Sukanta, Herpratiwi Herpratiwi, Muhammad Sukirlan

Abstract


The aims of research are: (1) to describe the condition and potency of current learning on the basic competence in the form of procedural text with manuals and tips, (2) to produce teaching learning materials Compac Disc (CD) interactive multimedia which is integrated with basic competence in the form of procedural text with manuals and tips, (3) to analyze the effectiveness. The method of the research used research and development and it was conducted at grade XI SMK Negeri 4 Bandar Lampung. The conclusions of research are; (1) SMK Bandar Lampung has the potency of using IT, tools and infrastucture of computer, teaching material to suport the teaching process, (2) the process produced the product through lectora program, (3) The teaching and learning process utilizing interactive multimedia teaching material is more effective, shown by N-Gain score 0.70, (4) after using interactive multimedia, the teaching and learning process can save 90 minutes compared to the previous lesson.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kondisi dan potensi pembelajaran saat ini pada kompetensi dasar teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat, (2) proses menghasilkan produk bahan ajar berbentuk Compac Disc (CD) multimedia interaktif bahasa Inggris terintegrasi dengan kompetensi dasar teks prosedur berbentuk manual dan kiat-kiat.(3) menganalisis efektivitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan di SMK Negeri 4 Bandar Lampung dengan subjek uji coba adalah siswa kelas XI. Kesimpulan penelitian ini adalah; (1) SMK Bandar Lampung memiliki potensi pemanfaatan TIK, sarana dan prasarana berupa komputer serta media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran, (2) Proses menghasilkan produk melalui paket program lectora, (3) Pembelajaran menggunakan bahan ajar multimedia interaktif menjadi lebih efektif dengan hasil nilai N- Gain = 0,70, (4) Pembelajaran sesudah menggunakan multimedia interaktif lebih efisien disisi waktu, yaitu 90 menit dibanding sebelum menggunakan multimedia interaktif.

Kata kunci: bahasa inggris, multimedia interaktif, teks prosedur


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Ed Revisi VI. Jakarta : Penerbit PT Rineka Cipta

Basoz, Tutku and Cubukcu, Feryal. 2013. Pre-service EFL teachers attitude toward Computer Assisted Language Learning. Jurnal, diambil dari http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042814002547 pada 18 Juli 2014

Borg, Walter. R, Meredith D. Gall. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston. New York : Sanfrancisco.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Listinasari, 2010. Pengembangan Computer Assested Langguage Learning (CALL) Bahasa Inggris kelas XI SMA Negeri 1 Pagelaran. Diambil dari tesis Program Pascasarjana Magister Teknologi Pendidikan FKIP UNILA

Pramono, Gatot. 2007. Aplikasi Component Display Theory dalam multimedia dan web pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan

Prastowo, 2012.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press. (Anggota IKAPI)

Rusman, 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta : Rajawali Pers

Shafei, Azadeh. 2012. Computer Assisted Learning : A Helpful Approach in Learning English. Jurnal, diambil dari https://www.academia.edu/2365227/Computer_Assisted_Learning_A_Helpful_Approach_in_Learning_English pada 18 Juli 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.