PENGEMBANGAN MODUL MENULIS BAHASA INGGRIS

Nur Khasanah, Herpratiwi Herpratiwi, Sudirman Sudirman

Abstract


The aims of the research are (1) to describe the potency of module in English learning of writing exposition text, (2) to produce English module for learning suplement to write exposition text, (3) to explain the effectiveness, (4) the efficiency, and (5) the interest of English module. This is a research and development and conducted in 3 SMA of Pringsewu Regency. Data which collected through test and questionnaire were analyzed descriptive quantitatively. The conclusions of the research are (1) development of English writing module exposition text which is suitable to the students need, (2) to produce English module supplement to increase students competence, (3) the effectiveness module result which average score 76,08, (4) the efficiency module which average score 1,87, (5) and the interesting module which average score 3,50.

Pengembangan Modul menulis Bahasa Inggris Kelas XI Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pringsewu. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan potensi modul bahasa inggris untuk pembelajaran writing exposition text, (2) menghasilkan modul bahasa inggris sebagai suplemen untuk meningkatkan keterampilan menulis. (3) menjelaskan efektifitas, (4) efisiensi, (5) dan daya tarik modul bahasa inggris pada pembelajaran writing exposition text. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian dilakukan di 3 SMA di Kabupaten Pringsewu. Data yang dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Kesimpulan penelitian adalah: (1) pengembangan pembelajaran modul writing exposition text sesuai dengan kebutuhan siswa, (2) menghasilkan modul bahasa inggris sebagai suplemen pembelajaran writing, (3) efektifitas modul dengan nilai rata-rata hasil belajar 76,08, (4) efisiensi modul menunjukkan nilai 1,87, (5) dan daya tarik modul memiliki nilai rata-rata 3,50.

Kata kunci: exposition,modul,teks,writing.


Full Text:

PDF

References


Abdul.C.2002.Psikolinguistik Kajian Teoritik.Jakarta : Rineka Cipta

Borg,W. R and Gall,M.1983.Educational Research anIntroduction.New York &London : Longman

Kuncoro, M.2010. Mahir Menulis.Jakarta : Erlangga

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. Alfebeta.

Sagala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : ALFABETA

Suprawoto, NA.2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul.(online) http://www.scribd.com/doc/16554502/Mengembangkan -Bahan -Ajar -dengan-Menyusun Modul.25 Februari 2010.

Tarigan, G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.