PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA DENGAN FILM BERBAHASA INGGRIS
Abstract
The purposes of this research are to describe (1) lesson plan to increase vocabulary mastery through movie in English , 2) learning process, 3) students' activeness, and 4) using animation movie. This research was a classroom action research that was conducted in State Junior High School 1 Belalau for grade VIII A and VIII B Students.The result of this research were : 1) lesson plan syntax design using movie using movie in English, 2) the learning process using movie in English could make students' active in expressing opinion, answering and asking question, listening practice to the movie, filling vocabulary, reading subtitles, pronouncing, understanding word meaning, training the memory and using vocabulary in simple sentence, 3) student learning activeness look more active, 4) student learning mastery in vocabulary mastery in the first cycle of 60%, second cycle of 76% and third cycle of 81%.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain (1) RPP untuk peningkatan penguasaan vocabulary dengan film berbahasa Inggris. (2) proses pembelajaran, (3) Keaktifan siswa, (4) memanfaatkan film animasi. Penelitian ini menggunakan PTK dalam tiga siklus pada siswa kelas VIII.A dan VIII.B SMP Negeri I Belalau. Kesimpulan penelitian adalah; (1) sintak RPP dirancang dengan memanfaatkan film berbahasa Inggris; (2) Proses pembelajaran dengan memanfaatkan film berbahasa Inggris menjadikan siswa aktif dalam mengemukakan pendapat, menjawab dan mengajukan pertanyaan, berlatih mendengarkan film, mengisi kosa kata, membaca teks film, melafalkan, memahami arti kata, melatih ingatan, dan menggunakan kosa kata dalam kalimat sederhana. (3) Keaktifan belajar siswa terlihat lebih aktif, (4) Ketuntasan belajar siswa pada penguasaan vocabulary pada siklus I sebesar 60%, siklus II sebesar 76%, dan siklus III sebesar 81%.
Kata kunci: film berbahasa inggris, kosa kata, peningkatan penguasaan kosa kata
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aziz, Atika. 2010. 4 Pilar Pendidikan Menurut UNESCO. http://atikatikaaziz.blogspot.com/2010/09/4-pilar-pendidikan-menurut-unesco.html (5 Januari 2014)
Kusumah, W dan Dwitagama, D. 2010. Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta : PT Indeks.
Mulyana. 2011. Teori Belajar Bermakna Dari David Paul Ausubel. http://sd3megawon.blogspot.com/2011/04/teori-belajar-bermakna-dari-david-paul.html (3 Januari 2014)
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Edisi Ke-1. Cet. 1. Jakarta: Kencana.
Smaldino, E,S, Deborah, L.L, dan James, D,R. 2011. Instructional Technology and Media For Learning: Edisi kesembilan, Cetakan ke-I. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.