PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERORIENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Abstract
The purposes of this research are to (1) describe condition and potency of vocational high school to develop business vocational module for twelfth grade of vocational high school, (2) describe the development of business vocational module for twelfth grade of vocational high school, (3) analyze the effectivity of business vocational module for twelfth grade of vocational high school. The population are students of vocational high schools of the twelfth grade in South Lampung. The conclusions of this research are: (1) business vocational module can be developed for the material of students in twelfth grade of vocational high school, (2) product of business vocational module is validated by the experts of material, language and design; (3) product of business vocational module is effective with the average score of students achievement whom using business vocational module is 86.20 > the average score of students achievement who did not using business vocational module is 70.36.
Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan kondisi dan potensi SMK untuk dikembangkan bahan ajar berupa modul prakarya dan kewirausahaan pada kelas XII SMK, (2) mendeskripsikan pada pengembangan bahan ajar berupa modul prakarya dan kewirausahaan yang sesuai dengan materi kelas XII SMK, (3) menganalisis efektivitas modul prakarya dan kewirausahaan pada kelas XII SMK. Populasi adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan kelas XII di Lampung Selatan. Kesimpulan penelitian adalah: (1) modul Prakarya dan Kewirausahaan dapat dikembangkan untuk materi bagi siswa kelas XII SMK, (2) produk modul Prakarya dan Kewirausahaan yang dihasilkan divalidasi ahli materi, media dan desain, (3) produk modul Prakarya dan Kewirausahaan yang dihasilkan efektif dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan modul Prakarya dan Kewirausahaan yaitu 86,20 > rata-rata prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan modul Prakarya dan Kewirausahaan yaitu 70,36.
Kata kunci: berorientasi pembelajaran kontekstual, kewirausahaan, modul prakarya
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Degeng, I Nyoman Sudana . 2000. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variable. Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DirektoratJendral Pendidikan Tinggi Proyek PengembanganLembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Pannen dan Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Pargito. 2009. Penelitian dan Pengembangan Bidang Pedidikan. Bandar Lampung
Priowirjanto, Gatot Hari. 2001. Reposisi Pendidikan Kejuruan Menjelang 2020. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.