EVALUASI PEMBELAJARAN MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG

Shinta Widya Wardhani, Adelina Hasyim, Undang Rosidin

Abstract


The aims of this research is to recommend the implementation of reading, writing, and counting in First Grade of Primary School Pelita Bangsa, which consist of context, input, process, and product in Calistung Program. This research uses CIPP evaluation method, and the samples are the students of Pelita Bangsa School. The techniques of collecting data are using observation, questionnaire, documentation, and descriptive qualitative analysis. The results of these study are :1) Context , school environment which supporting learning process, categories medium 2) Input, calistung learning implementation, including teachers motivation, parents support, school facilities, categories medium, 3) Process, calistung learning implementation including  teachers work ethic, at the beginning, during implementation, and the end of implementation, categories medium , 4) Product, learning process of reading, writing, and counting including students ability in reading, writing, and counting, categories medium.

Tujuan dari penelitian ini adalah memberi rekomendasi berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung kelas 1 di SD Pelita Bangsa Bandar Lampung yang meliputi komponen konteks, input, proses, dan produk dalam program Calistung. Penelitian menggunakan metode evaluasi model CIPP, dilakukan di SD Pelita Bangsa Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi serta analisis dengan deskriptif kualitatif yang selanjutnya dipersentasikan dan dikategorikan. Kesimpulan penelitian adalah : 1) context, yaitu kondisi lingkungan  di sekolah dalam mendukung pembelajaran terkategori cukup 2) input, meliputi motivasi guru, dukungan  orang tua, ketersediaan sarana dan prasarana, terkategori cukup , 3) process pelaksanaan pembelajaran calistung meliputi kinerja guru di awal pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran dan di akhir pembelajaran terkategori cukup , dan 4) product pelaksanaan pembelajaran calistung meliputi kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan berhitung terkategori cukup.

Kata kunci : calistung, evaluasi, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar . 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Hidayati, Ratna. 2010. Dasar-Dasar Membaca, Menulis dan Berhitung. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Nurani. 2009. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta. Yayasan Citra Pendidiakan Indonesia

Nurhadi. 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca Suatu Teknik Memahami Literatur yang Efesien. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Prabowo. 2000. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Terpadu dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK Millenium III. Surabaya. Makalah Universitas Negeri Surabaya

Suharto. 2011. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Rhaudhatuljinan Bandar Lampung. Tesis. Diterbitkan/tidak diterbitkan. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Susmayanti, Andriana. 2012. Peningkatan Prestasi Belajar IPA dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas IV SD Pelita Bangsa Bandar Lampung. Tesis. Bandar Lampung.

Tarigan, H.G. 2008. Membaca. Bandung : Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.