EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TEMATIK

Rohyani Rohyani, Herpratiwi Herpratiwi, Sulton Djasmi

Abstract


The aims of research are to describe (1) input component : qualification, teacher’s competence and facilities of learning, (2) process component : planning, implementation of thematic learning program. This research used evaluation (Context, Input, Process and Product)  which is done at SD Negeri 2 Branti Raya. Subjects of research are head master, teacher and all of students class III. Input result was known that the teachers have academic qualification however it doesn’t fulfill teacher’s competence which is suitable for Rules Of National Education Minister RI No. 16, 2007 and BSNP versi 6.0, 11, 2008 indicator design to Standard Achievement Of Educational Minister Report : Academic Qualified Standard and Teacher’s Competence. Facilities and infrastructures do not fill the criteria. Process result shown that planning and implementation of thematic learning program is not optimal and it could be increased through result product which is activity and achievement that have not yet reached the goal of learning.

Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) komponen input: kualifikasi dan kompetensi guru serta sarana dan prasarana pembelajaran,(2) komponen proses: perencanaan dan pelaksanaan program pembelajaran tematik. Penelitian menggunakan metode evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product), dilakukan di SD Negeri 2 Branti Raya dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan seluruh Siswa Kelas III. Hasil input diketahui bahwa guru telah memenuhi kualifikasi akademik namun belum memenuhi kompetensi-kompetensi guru sesuai dengan harapan berdasarkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 dan BSNP versi 6.0. 11 Tahun 2008 Kerangka Indikator untuk Pelaporan Pencapaian Standar Nasional Pendidikan: Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Sarana dan prasarana juga tidak memenuhi kriteria yang diharapkan. Hasil proses menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan program pembelajaran tematik tidak maksimal dan masih perlu ditingkatkan lagi dan hal ini sejalan dengan hasil produk berupa aktivitas dan hasil belajar yang belum mencapai tujuan pembelajaran.

Kata kunci: CIPP, evaluasi, program pembelajaran tematik


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2007.Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta : Puskur Balitbang

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta : Puskur Balitbang

Sukandi, U.2001. Belajar Aktif Dan Terpadu. Jakarta : Duta Graha Pustaka

Tayibnapis, F.Y. 2008. Evaluasi Program. Jakarta : Remaja Rosdakarya

Trianto. 2011.Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Yunanto, Sri Joko. 2004. Jakarta : Sumber Belajar Anak Cerdas. Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.