PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN BENTUK TES DAN MOTIVASI
Abstract
The objectives of this research were to find out: 1) interaction between test form and motivation to student’s mathematics learning achievements, 2) the differences of student’s mathematics learning achievements by using multiple choice test and elaborative test, 3) the differences of student’s mathematics learning achievements by using multiple choice test and elaborative test with strong motivation. Population was Grade IX students of Perintis 2 Junior High School in Bandar Lampung. The conclusions were: 1) there was an interaction between average of student’s mathematics learning achievement and student’s learning motivation (0.001 < 0.05); 2) there was an improvement of mathematics achievements of students using multiple choice test and elaborative test (68.92 > 64.65); 3) there was no difference of student’s mathematic learning achievement improvement between using multiple choice test and elaborative test with strong motivation (-0.209 < 2.017)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) interaksi antara bentuk tes dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar Matematika, (2) perbedaan prestasi matematika siswa yang mengunakan bentuk tes pilihan ganda dan bentuk tes uraian, (3) perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan bentuk tes pilihan ganda dan bentuk tes uraian pada siswa yang memiliki motivasi kuat. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Perintis 2 Bandar lampung. Kesimpulan penelitian adalah (1) Terdapat interaksi rata-rata prestasi belajar matematika siswa antara bentuk tes dengan motivasi belajar siswa sebesar (0,001 < 0,05) (2) Ada perbedaan Peningkatan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan tes pilihan ganda dengan siswa yang menggunakan tes uraian sebesar (68,92 > 64,65) (3) Tidak Ada Perbedaan Peningkatan prestasi belajar matematika siswa yang diberikan tes pilihan ganda dengan siswa yang diberikan tes uraian dengan motivasi siswa yang kuat sebesar (–0,209 < 2,017).
Kata kunci: bentuk tes, motivasi, prestasi belajar
Â
Full Text:
PDFReferences
B. Uno, Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.pers
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Thoha, Chabib. 1990. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.