PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE MAKE A MATCH
Abstract
This study aims to: (1) describe the condition and potential learning of Civics that have been done for the development of learning model MAM, (2) describe the process of developing a cooperative learning model MAM the type of learning, (3) analyz the effectiveness of using cooperative learning model MAM the type of learning, (4) analyz the efficiency of the use of cooperative learning model Make A Match the type of learning. Research and development research approach, conducted by SMP 26, SMP 28, Bandar Lampung, and SMP Budaya Bandar Lampung. Conclusions of the research are: (1) the type of cooperative learning model MAM has the potential to be developed as a fun learning media and facilitate understanding the subject matter, so that the students learn Civics will rise, (2) the results of this development is a development MAM models were validated by a media expert, expert content and instructional design experts, (3) the using of model MAM effectively evidenced by 0,001 thitung < t 0,95(50).
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kondisi dan potensi pembelajaran PKn yang sudah dilakukan sekolah untuk pengembangan model pembelajaran MAM, (2) mendeskripsikan proses pengembangan model pembelajaran kooperatif learning tipe MAM, (3) menganalisis efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe MAM, (4) menganalisis efisiensi penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe MAM.Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan, dilakukan di SMPN 26 Bandar Lampung, SMPN 28 Bandar Lampung, dan SMP Budaya Bandar Lampung.Kesimpulan penelitian adalah: (1) SMP di Bandar Lampung berpotensi untuk pengembangan model pembelajaran kooperatif learning tipe MAM, (2) Proses pengembangan model pembelajaran kooperatif learning tipe MAM terdiri dari 7 (tujuh) langkah utama yang merupakan prosedur penelitian dan pengembangan Borg and Gall, (3) penggunaan model MAM efektif dibuktikan dengan 0,001 thitung < t 0,95(50) maka H0 ditolak.
Kata kunci: make a match, model pembelajaran, pengembangan
Full Text:
PDFReferences
Benny A, Pribadi. 2009. Model – Model desain sistem pembelajaran. Jakarta : Prodi Teknologi Pendidikan PPS UNJ.
Borg and Gall. 2003. Educational Research An Introduction. Boston: A and B.
Degeng, I N. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Memasuki Era Desentralisasi dan Demokratisasi. Makalah Seminar Regional, di Universitas PGRI Surabaya, 19 April 2000.
Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara RI.
Karwono H. dan Mularsih, Heni. 2010. Belajar dan pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar. Jakarta : Cerdas Jaya.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sharon E Smaldino dkk. 2005 Edisi kesembilan. Instructional Technology dan Media for learning. Jakarta.Kencana.
Slavin. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. London: Allymand Bacon.
Sudjana, Nana, 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suyono. 2012. Belajar dan Pembelajaran, Teori dan konsep dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Konsep, Landasan Teorits-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.