EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN IPA
Abstract
The goal of this research is to recommend (1) the planning process, (2) the process quality achievement, and (3) the achievement of learning evaluation process of Science class VIII. This research was quality evaluation model research and learning output (EKOP). The place of research was at SMP Terbuka 20 Bandar Lampung. The research result showed that (1) the achievement of learning plan process of Science was done optimally, with score 70,66% (good), (2) the achievement of learning plan process of Science in beginning indicator, with the score 68,22% (enough), the indicator of main activity with score 59,28% (low), and on closing activity indicator with score 62,29% was categorized (enough), (3) the achievement of learning result scoring process of Science learning with score 59,66% (low), while the achievement of KKM of Science learning result in class VIII was 42,18% (low).
Tujuan penelitian ini adalah untuk merekomendasikan (1) proses perencanaan, (2) ketercapaian mutu pelaksanaan, dan (3) ketercapaian proses evaluasi pembelajaran IPA kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian model evaluasi kualitas dan output pembelajaran (EKOP). Tempat penelitian di SMP Terbuka 20 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ketercapaian proses perencanaan pembelajaran IPA dilakukan dengan optimal, dengan skor 70,66% (baik),(2) Ketercapaian proses pelaksanaan pembelajaran IPA pada indikator pendahuluan, dengan skor 68,22% (cukup), indikator kegiatan inti dengan skor 59,28% (kurang), dan pada indikator kegiatan penutup dengan persentase skor 62,29% dikategorikan (cukup), (3) Ketercapaian proses penilaian hasil pembelajaran IPA dengan skor 59,66% (kurang), sedangkan ketercapaian KKM hasil belajar IPA kelas VIII 42,18% (kurang).
Kata kunci: evaluasi, pembelajaran IPA, SMP Negeri Terbuka
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2004. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. dan Cepi Safruddin, A. J. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2005. Petunjuk Praktis bagi Guru Bina. Jakarta: Ditjen Mandikdasmen.
Hamalik, O. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Miarso, Yusufhadi. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Soetopo, H. 2007. Evaluasi Program Supervise Pendidikan. Dalam Imron, A., Burhanuddin, dan Maisyaroh (Eds.), Supervise Pendidikan Dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Professional. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Sudijono, A. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo,
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah. B. 2008. Model Pembelajaran (menciptakan proses belajar yang mengajar yang kreatif dan efektif). Jakarta: Bumi Aksara.
Widoyoko, E. P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.