PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA TUTORIAL INTERAKTIF

Kiki Melya Sari, Adelina Hasyim, agus suyatna

Abstract


The aims of research are (1) to describe potency and condition of audio digital manipulation teaching material in SMK, (2) to produce interactive tutorial multimedia teaching material in audio digital manipulation product, (3) to explain the effectiveness. The type of research is research and development. This research was done at SMK Negeri 1 Kotaagung Barat, SMK Negeri 1 Gading Rejo, SMK Karya Bhakti Pringsewu, and SMK PGRI Pringsewu. The conclusion of research are (1) interactive tutorial multimedia has potency which is developed as in additional teaching materials to audio digital manipulation material to SMK student, (2)successfully  designed product begins by finding teaching materials needs in audio digital manipulation and it is integrated in pre product design by making GBIPM, flow chat, storyboard, and it was validated by expert (media expert, matter expert, designs expert), (3) product of interactive tutorial multimedia is effective by student’s result study average score 74,15 > 34, 10.

Tujuan penelitian ini adalah  (1) mendiskripsikan potensi dan kondisi bahan ajar materi manipulasi audio digital di SMK, (2) menghasilkan produk bahan ajar multimedia tutorial interaktif materi manipulasi audio digital, (3) menjelaskan efektiftivitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Kotaagung Barat, SMK Negeri 1 Gading Rejo, SMK Karya Bhakti Pringsewu, dan SMK PGRI Pringsewu. Kesimpulan penelitian adalah: (1) multimedia tutorial interaktif berpotensi dikembangkan sebagai suplemen pembelajaran untuk materi manipulasi audio digital bagi siswa SMK, (2) produk yang berhasil dirancang diawali dengan menemukan kebutuhan belajar materi manipulasi audio digital dan diintegrasikan dalam rancangan produk awal dengan membuat GBIPM, flowchat, storyboard, dan divalidasi oleh expert (ahli media, ahli materi dan ahli desain), (3) produk multimedia tutorial interaktif efektif dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 74,20 > 34,10.

Kata kunci:  bahan ajar, materi manipulasi audio digital, multimedia tutorial interaktif

 


Full Text:

PDF

References


Akhmad Sudrajat. 2013. Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran. Artikel. Diambil dari http://akhmadsudrajat.wordpress. com/2013/04/20/pendekatanilmiah-pembelajaran/ pada 5 November 2013.

Borg, W.R. dan M.D. Gall. 2003. Educational Research an Introduction. New York United States of America: Longman Inc.

Chaeruman, Uwes Anis. 2007. Prinsip Pembelajaran dengan Sistem Belajar Mandiri: http://fakultasluarkampus. net/teknologi-pendidikan-instructional technology/prinsip -belajar-mandiri/

Miarso, Yusufhadi, 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media dan Pustekkom Diknas.

Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Reigeluth, C.M & Chellman, A.C. 2007. Instructional-Design Theories and Models Volume III, Building a Common Knowledge Base. New York: Taylor & Francis

Saprudin. 2011. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Rangkaian Arus Bolak-balik untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan IPA. Bandung: UPI.

Stevano dan Beranda. 2007. 101 Tip dan Trik Flash. Jakarta: Elet Media Komputindo.

Susilana, Rudy & Riyana, Cepy. 2008. Media Pembelajaran; Hakikat, pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan-FIP-UPI.

Yudhiantoro. 2006. Membuat Animasi WEB Dengan Macromedia Flash Profesional 8. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.