PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)
Abstract
This study aimed to (1) analyze and discover the potential and conditions of interactive learning media of GLBB in class X which has been used by high school students in West Lampung Regency, (2) produce interactive learning media that according to the GLBB material generic science-based animation flash using Macromedia Flash. The study was conducted SMAN I Liwa, SMAN 2 Liwa, SMAN 1 Sumberjaya, and SMA N I Way Tenong. This research used  research and development approach of  Borg and Gall.The conclusions of  the study were: (1) interactive multimedia could be developed for larning materials that are difficult for students of class  X in West Lampung, that was difficult uniformly accelerated motion (GLBB) material, (2) produced interactive multimedia products validated by media, material, and design experts.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan menemukan potensi dan kondisi media pembelajaran interaktif materi GLBB  kelas X yang telah digunakan siswa SMA di Kabupaten Lampung Barat, (2) menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan materi GLBB Kelas X berbasis keterampilan generik sains berbasis animasi flash menggunakan Macromedia Flash. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Liwa, SMA Negeri 2 Liwa, SMA Negeri 1 Sumberjaya, dan SMA Negeri 1Way Tenong. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Kesimpulan penelitian adalah: (1) multimedia interaktif dapat dikembangkan untuk materi pembelajaran bagi siswa kelas X di Kabupaten Lampung Barat yaitu materi GLBB yang sulit, (2) produk multimedia interaktif yang dihasilkan divalidasi ahli media, materi, dan desain
Kata kunci : keterampilan generik sains, media pembelajaran, multimedia interaktif
Full Text:
PDFReferences
Anderson, Lorin W, dkk. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing, A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objective. New York: Addison Wesley Logman. Inc.
Borg, W.R. dan M.D. Gall. 1979. Educational Research an Introduction. New York United States of America: Longman Inc.
Chaeruman, Uwes Anis. 2007. Prinsip Pembelajaran dengan Sistem Belajar Mandiri: http://fakultasluarkampus.net/teknologi-pendidikan-instructio- nal - technology/prinsip -belajar-mandiri/
Handoyo, W. 2011. Pengembangan Media Interaktif Pelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas Kelas XI Ilmu pengetahuan Alam Berbasis Animasi Menggunakan Adobe Flash. Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Januszewski & Molenda. 2008. Educational Technologi A definition with Commentary. USA: Taylor & Francis Group, LLC
Miarso, Yusufhadi, 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media dan Pustekkom Diknas.
Ningsih, D. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Standar Kompetensi Menggambar Dengan Perangkat Lunak Bagi Siswa SMK di Lampung. Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Putra, S. 2007. Model Pembelajaran Redoks Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Reigeluth, C.M & Chellman, A.C. 2007. Instructional-Design Theories and Models Volume III, Building a Common Knowledge Base. New York: Taylor & Francis
Stevano dan Beranda. 2007. 101 Tip dan Trik Flash. Jakarta: Elet Media Komputindo.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilana, Rudy & Riyana, Cepy. 2008. Media Pembelajaran; Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan-FIP-UPI.
Wawan Saputra. 2012. Pemanfaatan Teknologi Komputer di Bidang Pembelajaran CD Interaktif. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Yudhiantoro. 2006. Membuat Animasi WEB Dengan Macromedia Flash Profesional 8. Yogyakarta: Andi Offset.
Refbacks
- There are currently no refbacks.