PENGEMBANGAN METODE BERMAIN DENGAN PAPAN BUSA

Agung Heri Prasmanto, Herpratiwi Herpratiwi, Irawan Suntoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan potensi dan kondisi pembelajaran yang telah berlangsung saat ini, (2) menjelaskan proses pengembangan metode bermain papan busa  yang akan digunakan, (3) menghasilkan metode bermain dengan papan busa (4) menjelaskan efektivitas hasil belajar dari metode bermain dengan papan busa, (5) menjelaskan kemenarikan metode bermain dengan papan busa. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah. Hasil penelitian ini adalah: (1) sekolah di Kecamatan bangunrejo belum memiliki alat penunjang TIK bagi siswa, dan hasil belajar masih rendah, (2) proses pengembangan bermain dengan papan busa melalui tahapan dan divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, produk dan evaluasi, (3) metode bermain dengan papan busa yang dikembangkan berbentuk permainan pazel.

The objective of research are : (1) to describe potency and condition which is happened now, (2) to explain the development of styrofoam play process which will be used, (3)to produce styrofoam play method (4) to explain the effectiveness study result from styrofoam play method, (5) to explain the interest of styrofoam play method. This research is research and development. Population of research is student of fourth grade state elementary school at sub Bangunrejo Central Lampung. The result of research is: (1) school at sub Bangunrejo does not have supporting media to student, and result study is still low, (2) process of styrofoam play development through stage and was validated by learning design, product, and evaluation, (3) styrofoam play process which is developed into puzzle games.

Kata kunci : aktivitas dan hasil belajar, metode bermain, papan busa.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Borg, Walter R, Meredith D Gall & Joyce P Gall. 2003. Educational Research An Introduction Seventh Edition. New York: Pearson Education. Inc.

Candra.2012.Pengertian dan Definisi metode.http://candrawesly.blogspot.com/2012/04/pengertian dan definisi metode menurut.html (Jumat,11 Januari 2013 pukul 22:05 WIB)

Dimyati & Mujiono. 2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hermawan,Asep Heri,dkk.2007.Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press

Lepank.2012.Pengertian Bermain Menurut Para Ahli.http://www.lepank.com/2012/07/pengertian bermain menurut beberapa ahli.html(Jumat, 11 Januari 2013 pukul 22:22 WIB)

Meier,Dave.2002. The Accelerated Learning Handbook.Bandung: Kaifa

Miarso, Yusufhadi. 2009.Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Smaldino,Sharon E, dkk. 2011.Instructional Technology & Media For Learning. Jakarta: Kencana

Wahyudin, dkk. 2004.Penghantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.