STUDI KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR, MEDIA PEMBELAJARAN, KEMAMPUAN AWAL, DENGAN HASIL BELAJAR

Riyanto MT, Sudjarwo Sudjarwo, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


The objective of this research was to find out the correlation between learning motivation, learning media, student’s initial capability and learning results of Social Science subject. this was a survey research with correlation/regression approach. Data were collected by using questionnaires. The results showed that (1) there was a correlation between learning motivation and social science learning result, (2) there was a positive correlation between social science learning media and learning result, (3) there was a positive correlation between student’s initial capability and social science learning result, (4) there was a positive correlation between learning motivation, social science learning media,  and student’s initial capability and student’s learning result.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi motivasi belajar media pembelajaran, kemampuan Awal siswa terhadap basil belajar pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan korelasi/regresi. Data penelitian diperoleh dengan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat korelasii antara motivasi belajar dengan basil pembelajaran IPS, (2) terdapat hubungan positif antara media pembelajaran bidang studi IPS dengan hasil belajar, (3) terdapat hubungan positif antara kemampuan awal siswa bidang studi IPS dengan hasil belajar, (4) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar, media pembelajaran bidang studi IPS, kemampuan awal siswa dengan hasil belajar.

Kata kunci: hasil belajar, kemampuan awal siswa, media pembelajaran, motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Bina Aksara. Jakarta.

---------, 2000, Dasar-Dasar Evaluasi Penilaian, PT, Bumi Aksara, Jakarta

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. PT. Raja Gravindo Persada. Jakarta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2001. Pedoman Pembuatan dan Pemakaian Alat-alat Peraga Pendidikan di Sekolah Dasar. Remaja Karja CV. Bandung

Dimyati dan Mudjiono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta

Hamalik ,Oemar. 2003. Pendidikan Guru (Konsep Kurikulum dan Strategi). Penerbit Pustaka Mutiara, Bandung

---------- 2006; Kurikulum dan Pembelajaran, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.