PENGEMBANGAN KIT EKSPERIMEN MEKANISME KONTRAKSI OTOT PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Sadina Sadina, Agus Suyatna, Baharuddin Risyak

Abstract


This research aim to develop a biological KIT experiment specially to increase fascination and effectiveness study of biology at mechanism of muscle contraction chapter.This research and development of KIT experiment focus in R and D Borg and Gall model which conducted by two research phase in Senior High School Kotagajah. The result of research indicate that KIT experiment result of development which is completing by LKS have very attractive category with score acquirement 3,62 from maximal score 4,0 or 90%, while from result of effectiveness test use different two average one side. There is different average between control class with experiment class (KIT experiment user) equal to 7,5.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah KIT eksperimen biologi khususnya untuk meningkatkan efektivitas, dan daya tarik pembelajaran biologi pada materi mekanisme kontraksi otot.Penelitian dan pengembangan kit eksperimen ini mengacu pada model R & D  Borg and Gall, yang dilakukan melalui dua tahap penelitian (7 langkah)  di SMAN 1 Kotagajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kit eksperimen hasil pengembangan yang dilengkapi LKS memiliki kategori sangat menarik dengan perolehan skor 3,62 dari skor maksimal 4,0 atau sebesar 90%, sedangkan dari hasil uji efektivitas menggunakan perbedaan dua rata-rata satu pihak, terdapat perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen (pengguna kit eksperimen) sebesar 7,5.

Kata kunci: kit eksperimen, mekanisme kontraksi otot, pembelajaran biologi.


Full Text:

PDF

References


Aryulina Diah, Muslim Choirul, 2007. Biologi 2 SMA.Esis Erlangga Jakarta

Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Borg, Walter.R, Meredith D. Gall.2003. Educational Research: An Introduction. Seven Edition.Boston. New York, Sanfrancisco.

Bishop Owen. 2008. Dasar-dasar Elektronika. Erlangga jakarta

Dick Walter, Lou Carey and James Carey. 2001. The Systematic Design of Instruction: Fifth Edition.Longman

Dimyati dan Mudjiono.2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta,Jakarta

Elsaid, Fairuz. 2011. Pengertian Alat Peraga Pendidikan.http://fairuzelsaid. wordpress.com/2011/05/24/pengertian dan tujuan alat peraga pendidikan/.25 November 2011, pukul 06.37 WIB.

Gagne, Robert M and Leslie J. Briggs. 1994. Principles of Instructional Design, Fourth Edition. San Diego: Harcourt Brace Jovanovich College Publisher

Gustafson and Branch.2002. Survey of Instructional development Models. Newyork: Eric Clearinghouse on information and technology, syracuse University.

Hartati.B. 2010. Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek untuk Meningkatkan Ketrampilan Berfikir Kritis Siswa SMA. https://www.google.com/url?q=http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/download/1125/1045&sa=U&ei=QGUZUrPgMMLVrQeB_4HICQ &ved=0CAkQFjAB&usg=AF

QjCNE1hRHRAWiwPh3G7WFieniJj6KanQ

Heinich, Robert, Michael Molenda, James D Russell, Sharon E Smaldino (1996). Instructional Media and Technologies for Learning (5thed). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.

Herlina, Cici. 2010. Alat Peraga.http://pendidikanmatematika.files.wordpress. com. 18 November 2011, pukul 14.24 WIB.

Laria,Kartika. 2011.Media Pembelajaran.http://www.infoskripsi.com/ Article/Kajian-Pustaka-MediaPembelajaran.html.24 November 2011, pukul 16.00 WIB.

Miarso, Yusufhadi 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Kencana, Jakarta

Mardalis. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuryani. 2005. Strategi belajar Mengajar Biologi. Universitas Negeri malang

Peraturan Pemerintah No. 19. 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

Rosalina Indah Pramesty, Prabowo. 2013. Pengembangan Alat Peraga Kit Fluida Statis Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Materi Fluida Statis Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojosari,Mojokerto. https://www.google.com/url?q=http://ejournal.unesa.ac.id/article/5873/32/article.pdf&sa=U

&ei=92cZUs31GororQfZj4DoAQ&ved=0CAcQFjAA&usg=AFQjCNGlSlIFpb4dthluv_2xoWA2fXTFgA

Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Kencana UNJ

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana, Prenada Media

Qomarudin, Ma’sum. 2007. Desain Experiment One-Shot Case study. http://www. scribd. com/doc/60836925/27/Gambar-14-Desain-Experiment-OneShot-Case-Study.1 Desember 2011,pukul 09.38 WIB.

Reiser,Robert A, and John V.Dempsey. 2007.Trends and Issues in Intsruktional Design and Technology; Second Edition. Pearson Merrill Prentice Hall. Upper Sadle River, New Jesey Columbus, Ohio

Sanjaya,Wina.2010. Strategi Pembelajaran.Jakarta: Prenada Media Group.

Seels and Glasgow. 1998.Making Instructional Designe Decisions. New Jersey: Merril an imprint of prentice Hall

Sugiyono. 2008.Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta Bandung

Sumitro, Bambang, Herpratiwi, dan Siti Samhati. 2008. Pedoman Penulisan Tesis Program Pascasarjana Teknologi Pendidikan Universitas Lampung. FKIP Universitas Lampung. Bandarlampung

Suparman, M. Atwi. 2001.Desain Instruksional. Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Susetyo, Budi.2010.Statistika Untuk Analisis Data Penelitian; Dilengkapi Cara Perhitungan dengan SPSS dan MS Office Excel. Refika Aditama. Bandung

Susilana, Rudi,&Cepi Riyana. 2007.Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suyanto, Eko.2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila.

Woolkfolk, Anita. 2004. Educational Psychology. Pearson


Refbacks

  • There are currently no refbacks.