PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN SPEAKING MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT
Abstract
This study aims to analyze the lesson plans, learning implementation, evaluation of learning process and the learning result for increasing the students’ motivation and speaking skill. The research is classroom action research which is divided into three cycles on students of 10th1 and 10th2 grades of SMAN 8 Bandar Lampung. The results show that (1) Lesson plan uses procedures as follow: grouping students, telling the objective of the lesson by giving a game as brainstorming, discussing group work, doing a tournament, and giving a reward to students’ group; (2) Students’ activities such as discussing group work actively, learning the lesson based on the rule of game, practicing of using English, and answering teacher’s question bravely have improvement in the third cycle to be 76%; (3) Learning assessment system uses APKG, observation of students' learning activities, questionnaire, and oral test both in group and in individual.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, hasil pembelajaran yaitu peningkatan motivasi dan keterampilan berbicara. Penelitian menggunakan PTK dengan 3 siklus pada siswa kelas X1 dan X2 SMAN 8 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan (1) RPP dirancang dengan langkah-langkah: mengelompokkan siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran dengan memberikan stimulus terlebih dahulu berupa permainan, siswa mendiskusikan tugas kelompok, melakukan turnamen, dan memberikan penghargaan (reward) kepada kelompok siswa; (2) aktivitas siswa dalam keaktifan dan kerjasama dalam diskusi kelompok, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan aturan permainan, berlatih menggunakan bahasa Inggris, dan keberanian menjawab pertanyaan guru mengalami peningkatan pada siklus III menjadi 76%; (3) sistem penilaian pembelajaran melalui APKG, observasi aktivitas belajar siswa, kuesioner, dan tes lisan kelompok dan individu.
Kata kunci: motivasi, pembelajaran kooperatif TGT, speaking.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2007. Dasar dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas, 2005. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Penerbit. Jakarta: PT Binatama Raya.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Evektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta.Rajawali Pers.
Slavin, R, E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sriwilani.2010. Peningkatan Kemampuan Lisan Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kali Balau Kencana Bandar Lampung. Lampung : Unila.
Supriyadi, dkk. 2005. Pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, H.G. 1986.Berbicara sebagai suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa. Badudu (1993:131)
Refbacks
- There are currently no refbacks.