PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CD INTERAKTIF MATERI IPA GAYA DAN TEKANAN
Abstract
This research aims to (1) know potential and the condition of learning media that were used by SMPN 5 Blambangan Umpu teachers (2) develop an interactive multimedia products of force and pressure concept of physics science subject (3) determine the effectiveness of interactive multimedia products of Force and pressure concept of physics science subject,(4) determine the efficiency of interactive multimedia products on force and pressure concept of physics science subject (5) determine the attractiveness of interactive multimedia  products on force and pressure concept of physics science subject. The research was conducted in SMPN 5 Blambangan Umpu in class VIII students. The research result obtained are: (1) it is important to develop the interactive multimedia product such as Interactive CD on forces and pressure concept for students of class VIII, (2) Interactive CD are effective used at SMPN 5 Blambangan Umpu which gain average is 22,37 from posttest result ratio of control and experiment class.
Penelitian ini  bertujuan untuk (1) mengetahui potensi dan kondisi media pembelajaran yang digunakan guru SMPN 5 Blambangan Umpu, (2) mengembangkan produk multimedia interaktif materi gaya dan tekanan mata pelajaran IPA Fisika (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif materi gaya dan tekanan pada pembelajaran IPA Fisika, (4) mengetahui efisiensi multimedia interaktif materi gaya dan tekanan pada pembelajaran IPA Fisika (5) mengetahui kemenarikan multimedia interaktif materi gaya dan tekanan pada pembelajaran IPA Fisika. Penelitian dilakukan di SMPN 5 Blambangan umpu pada siswa kelas VIII. Hasil penelitian yang didapat yaitu (1) perlu dikembangkan produk multimedia interaktif berupa CD Interaktif materi Gaya dan Tekanan untuk siswa kelas VIII, (2) CD Interaktif efektif digunakan di SMPN 5 Blambangan Umpu dengan rata-rata gain sebesar 22,37 dari perbandingan hasil posttest kelas kontrol dan eksperimen.
Kata kunci : CD Interaktif, efektivitas, efisiensi , gaya, kemenarikan , tekanan.
Full Text:
PDFReferences
Anderson.2001. R.H., Anderson. 1994. Pemilihan Dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Terj. Yusufhadi Miarso Dkk. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Borg, Walter R. & Gall, Meredith D. 1983. Educational Research.and Introduction(4th Ed.). New York: Longman Inc.
BSNP. 2006. Standar Nasional Pendidikan. Dinas pendidikan dan kebudayaan. Jakarta
Budiningsih, C Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Degeng, I Nyoman Sudana.1989.Ilmu pengajaran Taxonomy Variabel. Departemen pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal pendidikan tinggi dan proyek pengembangan lembaga pendidikan tenaga kependidikan. Jakarta.
Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta. Depdikbud
Gofur, Abdul.1993.Desain Instruksionl Suatu Langkah Sistematis Penyusunan Pola Dasar Kegiatan Belajar Dan Mengajar. Solo.Tiga Serangkai
Haryono, Anung. 1996. Modul pengembangan Program Media Instruksional. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia.
Januszewski &Molenda. 2008. Educational Technology A Definition With Commentary. USA: Taylor & Francis Group. LLC.
Lee, W.W & Owens, DL. (2008). Multimedia-Based Instructiononal Design Training Computer-Based, Distance Broadcast Training, Performance Based Solution (2nd ). San Fransisco: Peiffera Wiley Imprin
Lee & Winzenried. 2009. The Use Of Instructional Technology In Schools: Lessons To Be Learned. Australia: ACER Press.
Padmanthara, S., (2007), Pembelajaran Berbantuan Komputer Dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11: 130
Pramono, Gatot. 2007. Aplikasi Component Display Theory Dalam Multimedia Dan Web Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan.
Reigeluth, M.Charles. 1983. Instructional Design Theories And Models : An Overview Of Their Current Status. Hillsdale, New Jersey London : Lawrence Elbaum Associates.
Riyana, Cepi. 2007. Pedoman Pengembangan Multimedia Interaktif. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia
Sadiman, Arief S. Et Al,2004. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Cet. 4, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Siregar, Evelina Dan Nara Hartini. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Stronge, James H. 2007. Qualities Of Effective Teachers2nded.2007.Virginia USA : Association For Supervision And Curriculum Development.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.