PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SILABUS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Margo Wibowo, Sudjarwo sudjarwo, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


This study aims to: 1) generates appropriate academic supervision program for increasing the ability of teachers to develop a syllabus and lesson plans, 2) describes the implementation of academic supervision to increase teachers ability in developing the syllabus and lesson plan, 3) generates the proper evaluation on improvement of teachers ability in developing the syllabus and lesson plan, 4) describes an increase in the ability of teachers to develop the syllabus and lesson plan. The subject of research is the fifth grade teachers in the working group Gugus Merpati, amounting to 7 people. The conclusions of this study are: 1) to compile academic 2) supervisors activities in monitoring of the academic is to give a guidance to the teachers by discussing group, 3) academic supervision evaluation tools used is IPKG (assessment instrument of teacher performance), 4) The increase of teachers ability in developing syllabus.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan program supervisi akademik yang tepat untuk peningkatan  kemampuan guru dalam mengembangkan silabus dan RPP, 2) mendiskripsikan pelaksanaan supervisi akademik untuk peningkatan guru dalam mengembangkan silabus dan RPP,3) menghasilkan perangkat evaluasi yang tepat terhadap peningkatan guru dalam mengembangkan silabus dan RPP,  4) mendiskripsikan peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan silabus dan RPP. Subjek penelitian adalah guru kelas V pada Gugus Merpati Metro Utara yang berjumlah 7 (tujuh) orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menyusun program supervisi akademik 2) kegiatan supervisor dalam supervise akademik adalah memberi bimbingan dengan teknik kelompok diskusi, 3) perangkat Evaluasi Supervisi Akademik yang digunakan  adalah IPKG 4) peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan silabus

Kata kunci: supervisi akademik , silabus dan RPP



Full Text:

PDF

References


Alfonso, R. J., G.R. Firth, dan R.F. Neville. 1981. Instructional Supervision: A Behavioral System. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Ali Imron. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan, Bumi Aksara Jakarta.

Deasy Saragih. 2013. Sekolah sebagai organisasi Pembelajar. Deasisaragih.wordpres.com akses 26 Maret 2013

Hernawan,dkk.2009. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Terbuka Jakarta

Komariah, Aan dan Cepi Triatna. 2008. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bumi Aksara Jakarta.

Marquardt,M.J. 2002. Building The Learning organization. New York : McGraw-Hill.

Sahertian. 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta Jakarta.

Smaldino, 2011. Intructional Tegnology and Media For learning, Kencana Prenada Media Group Jakarta

Senge. 1990. The Fifth Discipline; The art and practice of the learning organization. New York: Doubleday

Suharsimi Arikunto. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Rineka Cipta Jakarta

Suharsimi Arikunto. 2006 Kumpulan Materi Pembekalan Pengembangan Profesi Bagi Kepla Sekolah dan Pengawas Sekolah Penelitian Tindakan kelas, Dirjend PMPTK Depdiknas Jakarta.

Tjakraatmadja, Jan Hidayat Dkk. 2006. Knowledge Management,dalam Konteks Organisasi Pembelajar, Bandung

Undang-Undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Jakarta

Wardhani.dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Universitas Terbuka Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.