PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN

Ita Hadi Seviyanti, Adelina Hasyim, Ni Nyoman Wetty S

Abstract


This research aims to analyze (1) The design of daily activity planning, (2) The implementation of game by using media for introducing a concept of number, (3) The  scoring  system  of  game  by  using  media  of  recognizing  the  concept  of number, (4) The improvement of recognizing the concept of number ability. The method of research used Classroom Action Research by three cycles at Kartika II-30 Kindergarten Punggur Academic Year 2012 -2013. The subjects of research is B1 and B2 group. Each cycle consists of four steps: planning learning, implementation learning, observation, and reflection.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis: (1) desain rencana kegiatan harian,(2) pelaksanaan permainan dengan menggunakan media mengenal konsep bilangan, (3) sistem penilaian permainan dengan menggunakan media mengenal konsep bilangan, (4) peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus, di Taman Kanak-Kanak  Kartika  II-30  Punggur  TP.  2012/2013  dengan  subyek  anak kelompok B1 dan B2. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengamatan, dan refleksi.

Kata kunci: konsep bilangan, bermain, taman kanak-kanak.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Taman Kanak- kanak dan Sekolah Dasar. 2010. Kurikulum Taman Kanak-kanak Pedoman Pengembangan Silabus di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Hamdani, Nizar Alam. 2008. Classroom Action Research Teknik Penulisan dan Contoh Proposal Penelitian Kelas. Jakarta : Rahayasa.

Ismail, Andang. 2006. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Jogja :Pilar Media.

Kementrian Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Pamilu, Anik. 2007. Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta : Citra Media.

Rohayah, Siti dkk. 2009. Math at Home Panduan bagi Orang Tua Pembelajaran Matematika kepada Anak. Yogyakarta : Media Grafika Utama.

Sardiman A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta: Indeks.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2010.Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : Indeks.

Wiyani, Novan Ardy. 2012. Format PAUD. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.