PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PETA INDONESIA INTERAKTIf

Nurbaiti Nurbaiti, Adelina Hasyim, Pargito Pargito

Abstract


This research aims to analyze: 1) the design of Learning Implementation Planning and the implementation of IPS learning (Social Studies) by using an interactive Indonesian map media, 2) the students’ activity in learning can increase students’ learning motivation, 3) learning evaluation system, 4) the increase of students learning achievement  in Social Studies learning on the material of various nature and human-made appearance  and the time division. The research method used was classroom action research. The research subject were teacher and students of class V of SDN 2 Gotong Royong of  Tanjungkarang Pusat sub-district. The result of the research showed that: 1) RPP design was designed by learning syntax that consisted of four activities, such as the explanation of learning. , 2) students’ activity in learning was delivering questions, giving opinion, answering questions and accomplishing assignments, 3) the evaluation system used multiple choice items, 4) by using interactive Indonesian map media in Social Studies learning could increase students’.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Pelaksanaan Pembelajaran IPS dengan menggunakan media peta Indonesia Interaktif, 2) aktivitas siswa dalam pembelajaran dapat meningkat kan motivasi belajar siswa,3) sistem Evaluasi Pembelajaran,4) peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan di Indonesia serta pembagian wilayah waktu.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 2 Gotong Royong Kecamatan Tanjungkarang Pusat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) desain RPP dirancang dengan sintak pem belajaran, 2) aktivitas siswa dalam pembelajaran mengajukan pertanyaan, mengemukakan pendapat, menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tugas, 3) sistem evaluasi menggunakan soal pilihan ganda, 4) dengan memanfaatkan media peta Indonesia interaktif  dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara keseluruhan.

Kata kunci: prestasi belajar, IPS, media peta indonesia interaktif 


Full Text:

PDF

References


A.Hamzah Sulaiman, 2001. Media Audio Visual. Gramedia, Jakarta

Arief S.Sardiman, dkk, 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Azhar Arsyad,2001.Media Pembelajaran, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta

Bakosurtanal, 2005. geografi-bumi.blogspot.com/2009/09/pengertian-peta.html

Benny A Pribadi, 2009.Model-model Desain Sistem Pembelajaran, Prodi Teknologi Pendidikan PPS UNJ, Jakarta Istilah kata.com/interaktif.html

Kokom Komalasari, 2011.Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi, PT Refika Aditama, Bandung

Sardiman AM, 2012. Interaksi & motivasi belajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Suharsimi Arikunto, 2010. Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas, Aditya Media, Yogyakarta

Nurkancana dan Sumartana, 2002. Evaluasi Pendidikan,Usaha Nasional, Surabaya

Permndiknas no.22 th 2006, tentang Standar Isi Sekolah Dasar 13 UU RI No.20 th 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yusuf Hadi Miharso,2004. Teknologi Komunikasi dan Informasi Perkembangan dan dampaknya dalam penelitian, IPTPI, Malang

Nurkancana dan Sumartana, 2002. Evaluasi Pendidikan,Usaha Nasional, Surabaya

Permendiknas no.22 th 2006, tentang Standar Isi Sekolah Dasar UU RI No.20 th 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yusuf Hadi Miharso,2004. Teknologi Komunikasi dan Informasi Perkembangan dan dampaknya dalam penelitian, IPTPI, Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.