EVALUASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Julia Purnamasari, Herpratiwi Herpratiwi, Supomo Kandar

Abstract


This research aims to obtain the achievement of planning, implementation and evaluation of learning in Junior High School of Alam Lampung. It used goal oriented models (goal oriented evaluation) approach. The data was analized descriptive quantitatively. Data was collected through documentation, observation, and questionnaires.

Tujuan penelitian untuk melihat ketercapaian proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran berbasis pendidikan karakter kelas VIII yang terjadi di SMP Alam Lampung.Pendekatan penelitian adalah pendekatan evaluatif berorientasi tujuan (goal oriented evaluation). Analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi dan studi dokumentasi.

Kata kunci : evaluasi, pendidikan karakter, pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2011. Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Sertifikasi Guru dalam Jabatan tahun 2011 Rayon 07 UNILA. FKIP Universitas Lampung Kementrian Pendidikan Nasional Indonesia.

Asmani, J. Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Diva Press, Jogjakarta. 203 hlm.

BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Sekretaris Negara RI.

Budiningsih, C.A. 2005. Belajar dan Pembelajaran Cet. Ke-1. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas, Jakarta.

Eveline Siregar dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Iman, Muis Sad. 2004. Pendidikan Partisipatif. Safiria Insania Press, Yogyakarta.

Kemendiknas. 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Koesoema A, D. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo, Jakarta.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Wahyudin, Y. 2009. Teori Belajar Humanistik Carl Ransom Rogers dan Implikasinya terhadap Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.http://sumsel.kemenag.go.id/file/file/.../niky1331701927.pdf. (18 Februari 2010).

Widoyoko, .E.P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.