PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN AWAL

Sudomo Sudomo, Sumadi Sumadi, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


The purposes of this research is to   analyze (1) the interaction between cooperative learning and early ability of students with achievement of studying geography.  (2) the difference achievement of studying Geography between students who is given cooperative learning  type Jigsaw with type STAD.  (3) the difference achievement of studying Geography between students with high early ability and low early ability at cooperative learning type of Jigsaw.  (4) the difference achievement of studying Geography betwen students with high early ability and low early ability at cooperative learning type of STAD.The research which is used is experiment quasi desain factorial 2x2.  Data is collected with test.  The tecnique  analyze  data  by using ANAVA two ways and t-test.

Kata kunci : prestasi belajar, pembelajaran kooperatif,  kemampuan awal


Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz. 2010. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. http://azisgr.blogspot.com/2010/05/

Amanah. 2011. Model Pembelajaran Assure (menciptakan pengalaman belajar). http://homeamanah.blogspot.com/2011/12/model-pembelajaran-assure-menciptakan.html

Anonim. 2012. Dokumen KTSP SMA Negeri 1 Tanjung Raya Tahun Pelajaran 2012/2013. Tanjung Raya-Mesuji

Anjas, Bee. 2011. Teori Belajar Gagne. http://anjas-bee.blogspot.com/2011/08/

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta.

Barbara B. Seels & Rita C.Richey, 1994, Teknologi Pembelajaran Defenisi dan Kawasaannya, Jakarta, Unit Penerbitan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Belahan Jiwa, 2010. Keunggulan dan Kekuarangan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. http://yankcute.blogspot.com/2010/02

Darono Sabar, Pranowo Hadi, 2012 Iplementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Matematika, http://www.slideshare.net/

Dick and Caray. 1990. The Systematic Design of Instruction. 3rd. Ed. (t,t) Happer Collins Publishers.

Furhan, Arief 1991. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Fonanta, David. 1993 Psychologi for Teachers. London: The Britich Psychological Society and The McMilan Press, Ltd.

Gagne Robert M.1992. Essential og Learning for Instructioan. Terjemahan Abdillah Hanafi dan Abdul Manan. Surabaya: Usaha Nasional.

Gagne, Robert M dan Brigss, Leslie J. 1992. Principles of Instructional Design. New York: Holt Rinehart & Winston.

Sudjana. 2002. Metoda Statistik. Bandung: Tasito.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, Joko. 2010. 6 Hari Jago SPSS 17. Yogyakarta: Cakrawala.Suryabrata, Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Materi Pendidikan Program Bimbingan Konseling di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Depdikbud.

Tim Penyusun. 2005. Format Penulisan Karya Tulis Unila. Bandar Lampung: UPT Percetakan Unila.

Tim Penyusun. 2006. Kumpulan Peraturan Perundang-Undangan Tentang Sisdiknas. Bandung. Fokusmedia.

Umar, Jahja. Bahrul Hayat., Bauhanuddin Tola., Nugaan Yulia. 1996. Bahan Penataran Pengujian Pendidikan. Jakarta. Pusat Penelitian dan Pengujian sistem Pendidikan-Balitbang Dikbud.

Undang-Undang RI. No. 20 tahun 2003. Undang Undang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta: Eka Jaya.

Widodo, Sugeng, 2009, Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Awal Berbeda pada Program Studi Geografi Tahun 2009), Bandar Lampung, Tesis PPs TP FKIP Universitas Lampung

Winataputra, Udin S, dkk, 2007, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Universitas Terbuka.

Wijayanti, Kusuma. 2006. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Jigsaw II, STAD, TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Semester II SMP Kota Semarang. Semarang: Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIII.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Yasinta, Ika Umaya, 2012, Teori Belajar Brunner, http://umayaika.wordpress.com/2012/04/16/teori-belajar-bruner/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.